Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Sering Selingkuh daripada Pria?

Kompas.com - 03/09/2009, 18:51 WIB

KOMPAS.com — Bahagia atau tidak bahagia dengan pasangannya, pria cenderung berselingkuh. Begitu menurut tinjauan psikologis para peneliti. Namun, bila membicarakan soal selingkuh, wanita ternyata bukan cuma sama bengalnya dengan pria, tetapi juga lebih parah.

Sebuah studi yang dilakukan belum lama ini menunjukkan bahwa wanita lebih sering berselingkuh daripada pria. Demikian dilaporkan harian Daily Telegraph di London. Fakta ini didapat berdasarkan jajak pendapat yang diikuti lebih dari 3.000 wanita. Dari 3.000 wanita itu, 40 persennya mengaku pernah memiliki affair dengan pria lain. Secara detail dijelaskan, sebanyak 40 persen wanita yang selingkuh mencium orang lain saat dugem, 1 dari 4 wanita "main-main" dengan rekan kerja saat ada acara kantor, dan seperlima wanita mengaku merasa deg-degan (tetapi excited) saat mengkhianati pasangannya, dan ingin melakukannya lagi. Di lain pihak, hanya 30 persen pria (atau 3 dari 10 pria) yang mengencani wanita lain saat masih mempunyai pasangan. 

Studi ini memang tidak 100 persen ilmiah karena diadakan oleh sebuah teater di Inggris untuk menciptakan "demam" dalam pembukaan lakon komedi terbarunya yang berkisah tentang perselingkuhan. Jajak pendapat ini juga menetapkan definisi selingkuh yang longgar, ada wanita yang hanya pergi berdua dengan pria lain sudah dikategorikan selingkuh. Namun, ada pula yang dikategorikan demikian bila telah berciuman.

Terungkap juga bahwa "main-main" atau flirting juga dianggap urusan kecil buat yang melakukannya. Soalnya, risiko ketahuan pasangan sangat minim (hanya sepertiga yang pernah kepergok pasangan). Aih!

Bagaimanapun juga, hasil jajak pendapat iseng ini di luar dugaan karena menyangkut fakta baru tentang kebiasaan seksual wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com