Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar THR Tidak Asal Lewat

Kompas.com - 11/09/2009, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Wah, tidak terasa sudah beberapa minggu Anda menjalani puasa. Tidak lama lagi Anda, para karyawan akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke-13. Biasanya THR akan Anda terima 2 minggu sebelum hari raya. Anda sudah merencanakan akan mempergunakan untuk apa saja THR Anda itu?

Apakah Anda ingin membeli ponsel baru atau BlackBerry idaman? Atau ingin memberikan sesuatu untuk orangtua? Atau Anda ingin memberikan sepasang baju baru bagi keponakan? Atau jangan-jangan THR Anda sudah habis untuk membayar utang kartu kredit dan bon kantor serta utang KTA (kredit tanpa agunan).

THR Itu Sebenarnya Untuk Apa, Sih?
Perusahaan memberikan THR bagi para karyawannya, agar mereka dapat merayakan hari raya dengan khusyuk dan hikmat, dengan memberikan kebahagiaan bagi sesama yang membutuhkan uluran tangan. Saling berbagi dan memberika merupakan suatu aktivitas yang layak dilakukan dalam setiap momen, terlebih dalam merayakan hari besar yang membahagiakan. Sehingga, membeli perlengkapan dan perkakas baru bagi diri dan keluarga, merupakan sebuah aktivitas lanjutan setelah kita menyisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan.

THR baru diterima sesaat sebelum hari raya, sehingga selayaknya baru dipergunakan saat berada di tangan. Jangan membeli barang apa pun dengan mempergunakan THR atau gaji masa depan, yang belum diterima. Anda akan merasa hampa dan kecewa, bila telah memakai terlebih dahulu pendapatan masa depan Anda. Karena saat Anda terima, semua sudah dipergunakan untuk membayar segala utang yang telah dibuat di masa lalu.

Manfaatkan THR Anda Kali Ini Untuk:
Menyelesaikan segala utang masa lalu Anda.
- Bila masih berlebih, manfaatkan untuk memberi kebahagiaan pada orangtua, adik, atau keluarga yang lain.

- Jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan orang miskin dan papa, ini akan memberikan hikmat dan nikmat yang lebih berkualitas.

- Jangan merayakan hari raya dengan utang baru. Pergunakanlah baju dan sepatu terbaik yang Anda miliki, yakinlah bahwa merayakan hari raya tidak harus dengan sesuatu yang baru. Yang terpenting bukanlah yang melekat di tubuh dan kaki Anda, melainkan apa yang Anda kenakan dalam hati dan pikiran Anda. Sesuatu yang baru, jernih, dan bersih. Selamat menata masa depan dengan memanfaatkan momen hari raya ini.


(Freddy Pieloor, CFP dari Finansia Consulting/CHIC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com