Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Cairan Pencuci Tangan Sendiri

Kompas.com - 20/10/2009, 12:16 WIB

KOMPAS.com - Musim hujan sudah tiba. Saat pergantian musim seperti ini, biasanya kita mudah terserang penyakit seperti flu. Karena itu, penting bagi kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh. Antara lain dengan makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga. Satu hal lagi, biasakan mencuci tangan sesudah bersentuhan dengan benda-benda yang ada di ruang publik.

Bila Anda sedang tak berada di dekat tempat mencuci tangan, Anda bisa membersihkan tangan dengan cairan antiseptik sebelum makan. Selain bisa membeli cairan antiseptik ini di supermarket atau di apotek, Anda juga bisa lho membuatnya sendiri. Cairan antiseptik, atau sanitizer, ini bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Anda hanya perlu gel (isi) lidah buaya dan alkohol.

Cara membuatnya mudah saja: campurkan alkohol dan gel lidah buaya. Jika Anda termasuk orang yang takut atau sensitif dengan kuman, Anda bisa menambahkan minyak tea tree (yang merupakan antiseptik alami) ke dalam campuran tersebut. Tuang 5 tetes tea tree oil ke dalam setengah cangkir sanitizer yang Anda buat. Tambahkan juga minyak lavender untuk mengatasi bau yang terlalu mirip obat. Masukkan campuran bahan-bahan itu ke dalam botol kecil, sehingga mudah Anda bawa kemana saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com