Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Sulit Bangun Pagi

Kompas.com - 05/11/2009, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Bangun pagi setelah sehari sebelumnya lelah bekerja, memang terasa sangat berat. Apalagi jika bangunnya dalam keadaan terkejut karena alarm yang berbunyi kencang, atau dibangunkan mendadak oleh orang lain. Ketika kita kecil, bisa saja kita mencari alasan untuk bisa bangun siang. Namun setelah dewasa, tanggung jawab bertambah, maka bangun pagi adalah hal yang wajib dilakukan agar bisa menyelesaikan banyak hal lebih cepat.

Bagi banyak orang, bangun pagi sebelum tubuh merasa ingin bangun secara alami adalah hal yang sangat tidak mengenakkan. Karena rasanya terlalu pagi, terlalu mengejutkan, atau terlalu gelap. Untuk mengatasi rasa tidak mengenakkan saat bangun pagi, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan;

Siklus tidur
Seseorang harus melewati 4-6 siklus tidur setiap malamnya. Setiap siklus mengandung 5 tingkatan, dari tidur amat ringan (tingkat 1) hingga tidur sangat dalam (tingkat 4) dan kemudian memasuki tingkat rapid eye movement (REM), yakni ketika bola mata bergerak saat tidur dan Anda sedang bermimpi.

Berusaha bangun dari tidur ketika baru memasuki tingkat 3 atau 4 akan terasa sangat sulit. Karena itulah mengapa terbangun dari tidur siang bisa membuat seseorang merasa disorientasi. Dan karena itu pula, mengapa bangun terlalu pagi bisa merusak mood Anda seharian. Kebanyakan orang, menurut pakar masalah tidur dari WebMD, Michael Breus, PhD, D, ABSM, baru memasuki tidur terdalamnya antara pukul 4-6 pagi. Karena itulah amat sulit untuk bisa bangun di waktu-waktu itu.

Jika Anda ingin bangun dalam keadaan segar, maka langkah berikutnya adalah menentukan pukul berapa sebaiknya Anda pergi tidur agar bisa mendapatkan tidur yang cukup. Setiap level dalam siklus tidur seseorang, rata-rata membutuhkan waktu 90 menit – 2 jam, artinya secara rata-rata, seseorang butuh waktu tidur berkualitas selama 7,5 jam. Untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, hitunglah mundur dari pukul berapa Anda harus bangun di pagi hari.

Namun, hal ini berbeda bagi tiap orang. Ada yang merasa cukup dengan tidur 6 jam, sementara yang lain butuh 9 jam. Untuk mengetahui berapa lama waktu tidur yang mereka butuhkan dalam sehari, seseorang harus mencari tahu dan berusaha mendengarkan tubuhnya sendiri. Cobalah untuk mendengarkan tubuh Anda, dan cukupkan istirahat.

Tips untuk bangun tidur
* Pasang alarm pada waktu setepat mungkin agar tidak memberikan godaan Anda untuk menambah tidur sejenak.
* Hilangkan kebiasaan menyalakan tombol snooze, karena akan memberikan Anda godaan untuk menambah tidur setiap kali menekan tombol snooze. Jika Anda terus menggunakan tombol ini, Anda akan makin sulit bangun, alhasil mood Anda pun akan rusak.
* Duduk dan ayun-ayunkah kaki Anda di sisi tempat tidur.
* Duduklah di sisi tempat tidur, ambil waktu untuk mengambil napas 3-4 kali untuk “mengumpulkan nyawa” dan lebih fokus.
* Cobalah untuk berolahraga kecil di pagi hari untuk memperlancar aliran darah dan menambah semangat pikiran dan tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com