Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih-pilih Rok Pensil Sesuai Bentuk Tubuh

Kompas.com - 13/11/2009, 12:22 WIB

KOMPAS.com - Rok pensil adalah salah satu rok klasik yang bisa dikenakan setiap saat, dalam tren apa pun. Berinvestasilah dengan rok pensil yang tepat untuk bentuk tubuh Anda. Berikut beberapa panduan untuk memilih rok pensil sesuai bentuk tubuh Anda.

Tubuh jam pasir
Pilih yang pas di badan dan mengikuti kontur tubuh, tapi tidak terlalu ketat. Pilih tipe yang pitanya (waistband) jatuh di bawah tali pusat. Jauhi rok high waist yang bisa membuat payudara terlihat lebih membumbung dan membuat bagian perut terlihat pendek. Kenakan rok pensil dengan kemeja pas tubuh, jaket, blazer, atau blus yang dimasukkan ke dalam rok untuk memperlihatkan lekuk pinggang yang ramping.

Paha dan pinggang penuh
Pastikan rok pensil menyempit di bagian bawah. Jika roknya lurus langsung dari bagian terluar pinggang, tubuh bagian bawah Anda akan terlihat seperti kotak. Hindari rok yang terlalu ketat, karena akan membuat si pemakai terlihat sesak. Lebih baik pilih rok berwarna gelap dan polos, dengan bahan kapas atau wol ringan yang memiliki daya renggang (stretch). Hindari wol yang tebal, brokat, maupun tweed. Kenakan rok pensil dengan kemeja yang bagian bawahnya dimasukkan ke dalam rok, atau kardigan yang diberikan ikat pinggang untuk memberi efek merampingkan tubuh bagian tengah.

Si tubuh lurus
Rok pensil menyempit pas tubuh adalah yang paling tepat dengan bahan bercorak atau bahan tebal untuk memberikan efek tubuh bagian bawah lebih berlekuk. Ciptakan ilusi bentuk tubuh jam pasir dengan tambahan aksesoris seperti high waistband, lipit pada bagian pinggang, atau ikat pinggang. Kenakan dengan baju turtleneck yang erat pada tubuh, atau jaket yang jatuh di pinggang.

Lipatan pada perut
Pilihlah rok dengan gaya pita lebar (waistband lebar) untuk menahan perut. Upayakan agar bagian tengah tubuh jauh dari aksesoris atau detail tambahan. Bahkan dari kantung sekalipun. Kenakan dengan atasan panjang hingga pinggul. Jangan lupa tambahkan jaket pas tubuh di atasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com