Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Mood Lewat Permainan Warna

Kompas.com - 24/11/2009, 22:08 WIB

KOMPAS.com - Secara alamiah, kita bereaksi terhadap warna. Langit yang biru nan cerah bisa membantu Anda merasa lebih damai, sehamparan bunga dafodil berwarna putih membuat Anda merasa lebih optimistis. Jadi, tak mengherankan jika warna cat di rumah Anda memiliki dampak pada mood Anda juga. Nancy J. Stone, PhD, profesor psikologi di Creighton University mengatakan, bahwa kepekatan warna pun berpengaruh terhadap asosiasi pribadi dengan warna. Berikut adalah warna-warna yang bisa membantu Anda mengatur warna untuk mempengaruhi mood Anda;

Energi
Warna-warna seperti merah dan violet yang pekat bisa menstimulasi level energi Anda karena kemampuannya memompa adrenalin ke tubuh Anda. Sebuah penelitian di Inggris yang menggunakan subyek dua atlet Olimpiade dengan kekuatan yang serupa dipertandingkan, atlet yang mengenakan pakaian warna merah secara signifikan unggul dalam pertandingan ketimbang lawan yang menggunakan pakaian warna biru. Warna dengan energi tinggi ini sangat baik diaplikasikan di ruang kerja dalam rumah, arah masuk rumah, ruang duduk kecil, atau dinding letak anak tangga. Hindari warna ini di ruangan yang seharusnya tempat Anda beristirahat, seperti kamar tidur, kamar mandi, atau dapur. Jika Anda ingin merasa terinspirasi, tapi tidak ingin terlalu bersemangat, tambahkan warna merah di titik-titik tertentu saja, misal, pada tempat penyimpanan majalah yang terbuat dari kulit berwarna merah, atau letakkan bunga-bungaan berwarna merah atau keunguan.

Bahagia
Ingin merasa lebih bersemangat? Bawalah warna kuning mentari dan lapangan yang sedang bersemi. Dalam sebuah penelitian di Amsterdam, orang dewasa merasa lebih bahagia jika dikelilingi warna ini. Kuning pucat atau yang lembut ideal untuk kamar bermain dan kamar anak. Ide lainnya adalah dengan menambahkan karpet berwarna kuning di dalam kamar, atau berikan cat warna kuning di bagian plafon. Sementara hijau juga merupakan pilihan menarik untuk menambah cerah ruangan yang dipenuhi dengan warna-warna netral. Anda bisa menambahkan bantal kursi dengan warna tersebut di atas sofa berwarna kecokelatan, atau pajang foto hitam-putih favorit Anda di atas bingkai foto berwarna hijau zaitun.

Kalem
Tak mengherankan jika warna biru merupakan warna favorit kebanyakan orang. Warnanya yang lembut membuat orang merasa tenang dan damai. Biru merupakan warna langit dan laut yang menenangkan. Para peneliti juga menemukan, bahwa orang yang merasa gugup atau emosi, akan merasa lebih tenang setelah melihat sesuatu yang berwarna biru. Warna ini cocok digunakan di ruangan-ruangan yang seharusnya membantu Anda lebih tenang. Untuk mendapatkan efek ini, pastikan Anda menggunakan warna kebiruan yang lembut. Warna biru yang terlalu terang dan kuat justru bisa menstimulasi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com