Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahayanya Kurang Tidur

Kompas.com - 15/12/2009, 07:44 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang memang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda karena beberapa faktor, misal usia. Secara umum, anak bayi membutuhkan rata-rata 16 jam tidur per harinya, remaja butuh sekitar 9 jam per hari, sementara kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per hari, meski beberapa orang hanya butuh sekitar 5 jam atau bahkan 10 jam per harinya. Sedangkan wanita yang sedang mengandung 3 bulan umumnya butuh beberapa jam lebih lama dari biasanya.

Salah satu tanda paling mudah untuk mendeteksi apakah Anda kekurangan tidur atau tidak, adalah ketika Anda merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari, apalagi ketika melakukan aktivitas membosankan.

Ketika kekurangan tidur terakumulasi berhari-hari, maka Anda akan berutang sekian banyak jam tidur untuk tubuh Anda. Utang tersebut mirip seperti menarik uang pinjaman melebihi saldo rekening Anda. Pada akhirnya, tubuh akan meminta "bayaran" untuk utang tersebut lewat cara lain. Di antaranya lewat berkurangnya kemampuan kita untuk menilai sesuatu dan bereaksi, serta berkurangnya beberapa fungsi tubuh lain. Selain itu juga kehilangan kemampuan untuk mengingat, depresi, berkurangnya sistem imun tubuh, dan peningkatan persepsi rasa sakit.

Banyak studi menyatakan bahwa kekurangan tidur adalah kondisi yang berbahaya. Lewat penelitian tersebut, diketahui, bahwa orang yang kekurangan tidur memiliki kondisi yang lebih parah dari orang yang sedang mabuk. Karena pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa ketika diminta mengemudikan mobil simulator, orang yang kekurangan waktu tidur tak bisa mengkoordinasikan mata dan tangannya. Tak heran orang yang berkendara dalam keadaan mengantuk di jalan tol sering mengalami kecelakaan. Saat mengantuk seperti ini, kafein pun tak akan mampu mengatasinya.

Ketika Anda mulai merasa kesulitan menjaga mata untuk fokus, tak bisa berhenti menguap, dan saat mengemudi tidak bisa mengingat sudah melewati apa saja, maka sudah dipastikan Anda butuh istirahat. Untuk Anda yang berencana bepergian akhir tahun ini, jangan lupa persiapkan kondisi tubuh, khususnya untuk beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com