Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Bertahan Saat Berhenti Merokok

Kompas.com - 12/01/2010, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Mungkin berhenti merokok merupakan salah satu resolusi yang terus Anda cantumkan tiap tahun. Tetapi hingga kini Anda belum mau melepaskan diri dari benda satu ini.

Yang Anda butuhkan untuk berhenti merokok adalah menanamkan alasan yang kuat dalam pikiran Anda, mengapa Anda ingin berhenti merokok, mencari sejumlah kegiatan yang menyibukkan Anda, dan meninggalkan sementara teman-teman yang punya kebiasaan merokok. Ini penting, meskipun saat itu Anda berusaha tidak merokok, kemungkinan besar teman akan menawari Anda. Selain itu tidak perlu lagi mengurangi merokok; Anda harus berhenti total saat ini juga.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok:

1. Ingat setiap hari mengapa Anda berhenti merokok. Bertahanlah selama beberapa jam. Setiap kali Anda ingin kembali merokok, pikirkan kembali beberapa jam lalu ketika Anda membebaskan diri dari rokok.

2. Ajak pasangan, teman, saudara, atau tim penyuluh, untuk berbagi rasa dengan Anda.

3. Agar mulut Anda tidak merasa asam saat tidak menghisap rokok, kunyah potongan wortel mentah, brokoli, atau buah-buahan manis seperti pir dan apel. Dijamin, Anda bukan hanya berhenti merokok, tetapi juga kulit yang cantik.

4. Ikut program ataupun perhimpunan berhenti merokok. Anda bisa saling bertukar pengalaman dan saling mendukung.

5. Usahakan untuk mulai berolahraga atau olah pernafasan lainnya. Perokok biasanya punya nafas yang pendek, jadi Anda bisa memulai yoga dari sekarang. Jika ingin yang simpel, gunakan tangga sebagai olahraga pagi saat tiba di kantor.

6. Kuatkan niat Anda. Jangan biarkan hasil kerja keras Anda terbuang percuma dengan menghabiskan waktu yang Anda lewatkan dengan susah-payah hanya karena ingin kembali mencicipi sebatang rokok.

7. Hindari tempat-tempat, dan teman-teman yang ingin membuat Anda kembali merokok. Kalau Anda berhenti merokok, selera makan Anda akan membaik. Sebab merokok mengurangi nafsu makan dan menekan keinginan untuk makan. Dua minggu pertama adalah saat yang tersulit. Sebab saat itu tubuh akan memberikan reaksi akan keinginan nikotin. Anda seperti kecanduan ingin kembali menghisap rokok. Setelahnya, semua akan jadi lebih mudah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com