Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan White Lies untuk Si Dia

Kompas.com - 19/01/2010, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Terkadang Anda malu saat dia mengenakan dasi kesayangannya yang buluk. Atau terganggu saat ia menggunakan parfum yang baunya bisa membuat pingsan. Harus jujurkah? Anda khawatir bila terlalu jujur, hubungan Anda terancam. Kalau sudah begini, apa yang bisa dilakukan kecuali berbohong demi kebaikannya?

Bohong putih, atau white lies, terkadang perlu dilakukan untuk meningkatkan ego dan rasa percaya diri suami Anda. Apa jawaban Anda untuk situasi tertentu yang Anda hadapi bersama si dia?

1. Kamu keren banget, Sayang! Jika dia bertanya seperti apa penampilannya dalam balutan jas yang sudah lama tidak ia pakai, menyampaikan bahwa ia terlihat hebat tidak ada ruginya buat Anda. Tetapi jika dia masih punya waktu untuk berganti jas, katakan dengan jujur kalau ia harus mengganti.

''Katakan, 'Kamu terlihat tampan dengan jas itu, tapi menurutku warna hitam lebih cocok untukmu'. Dan jangan lupa berikan senyuman sambil berkomentar,'' tutur Laurie Puhn, pakar hubungan dan penulis buku Instant Persuasion: How to Change Your Words to Change Your Life.

2. ML sama kamu itu paling menyenangkan buatku. ''Kalau saya sih, berusaha untuk tidak pernah berbohong tentang seks,'' tutur Alisa Bowman, blogger di ProjectHappilyEverAfter.com. Menurutnya memang sulit untuk tetap tertarik secara fisik pada orang yang telah Anda nikahi bertahun-tahun. Sebagian besar pria tidak ingin tahu seperti apa kehidupan seks Anda dulu. Selain itu tidak ada salahnya berfantasi bahwa kehidupan seks Anda amat menggairahkan dengannya.

3. Keluargamu asyik banget! ''Hal ini bisa menjadi kebohongan yang paling ampuh, karena Anda memang ingin mewujudkannya,'' tutur Puhn. Pada dasarnya, tidak ada keluarga yang sempurna. Namun Anda bisa berfokus pada hal-hal baik yang Anda temukan pada kehidupan keluarganya. Misalnya, mertua Anda telaten dalam mengasuh cucu-cucunya. Namun jika ada hal yang memang mengganggu Anda, sampaikan baik-baik pada suami Anda.

4. Kamu yang paling cakep di sini. ''Tapi jangan lupa tambahkan dua kata ini, yakni 'buat aku'," jelas Puhn. Kebohongan putih, atau mengatakan kebenaran sesungguhnya, akan memberikan kesempatan bagi kehidupan pernikahan Anda jadi lebih bergairah. Selain itu itu, hal-hal baik akan terjadi jika Anda memberikan penghargaan bagi orang yang Anda sayangi. Ia akan menjadi seperti yang Anda katakan.

5. Aku sampai orgasme semalam! Berbohong bahwa Anda berhasil mencapai orgasme pastilah menyakitkan untuk Anda. Namun sebaiknya Anda mengatakan apa yang bisa membuat Anda merasa lebih baik dalam melakukan seks. Bahwa Anda ingin berbohong untuk tetap menaikkan egonya, untuk sementara mungkin memang akan membuatnya merasa tersanjung. Tetapi memastikan Anda mendapatkan kepuasan lebih penting daripada memuaskan egonya, lho.

6. Kamu rapi banget, halaman dan garasi jadi bersih. ''Ini merupakan salah satu bentuk kebohongan putih,'' tutur Puhn. Menurutnya, karena pujian itu menunjukkan hal positif, bukan yang negatif. Suami Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam di halaman rumah untuk menyapu, menggali, mengubur, atau memotong rumput liar. Mungkin hasilnya memang tidak sebagus tukang kebun profesional. Tetapi, hargai bahwa ia sudah mengerjakannya.

7. Mengatakan, "Enggak apa-apa, kok", padahal jelas Anda tidak seperti itu. Mungkin ia melupakan ulang tahun pernikahan Anda berdua, atau lupa membelikan makanan pesanan Anda. ''Anda sedang mengujinya, dan berharap kalau ia bisa membaca pikiran Anda,'' ujar Puhn. Sadarlah, bahwa laki-laki tidak punya keahlian membaca pikiran Anda. Kebanyakan dari mereka mau melakukan apa yang Anda inginkan, tapi mereka tidak tahu yang Anda inginkan. Jadi, katakan saja dengan jelas maksud Anda. Beres.

8. Oh, mantanku yang ada di Facebook? Aku udah ilfil kok, sama dia. Pertanyaannya adalah: Apakah Anda memang memiliki perasaan mendalam terhadap teman kantor atau seseorang di Facebook? Jujur pada diri sendiri lebih penting daripada memberanikan diri mengaku pada suami bahwa Anda sempat mengirimkan SMS-SMS mesra untuk si mantan. Sebab, affair secara emosional itu bisa jadi amat berbahaya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com