Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Akurat Alat Tes Kehamilan Anda?

Kompas.com - 21/01/2010, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Di toko obat ataupun apotik tentu banyak dijual alat tes kehamilan. Entah itu lewat deteksi hormon yang menandakan kalau Anda hamil, hCG (kadar hormon) dalam urin, atau air seni Anda. Namun Anda harus tetap menemui dokter untuk mendapatkan kepastian lebih lanjut tentang kehamilan Anda. Jika Anda tidak hamil, Anda tetap harus ke dokter untuk menanyakan kenapa Anda tidak hamil!

Apa saja yang membuat keakuratan hasil tes kehamilan?

* Penggunaan. Lembaga The National Women's Health and Information Center mengatakan bahwa tes kehamilan pribadi di rumah, jika digunakan secara benar akan memberikan hasil yang akurat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan tes. Kemudian cari kecocokan untuk hasil yang tertera dengan contoh pada lembar instruksi. Hati-hati dengan alat tes yang sudah kadaluarsa.

* Waktu tes. Akurat atau tidaknya hasil akan tergantung kapan Anda melakukan tes. Saat Anda hamil, hormon Human chorionic gonadotropin (Hcg) yang diproduksi oleh tubuh akan terdeteksi minimal 6 hari setelah pembuahan. Jumlah hormon yang terdapat dalam air seni Anda mungkin awalnya hanya sedikit, namun dalam pertambahan hari akan semakin banyak jumlahnya dalam air seni. Dalam waktu satu minggu lewat dari jadwal datang bulan, hormon tersebut akan bisa terdeteksi oleh alat tes kehamilan pribadi tersebut.

Jika Anda mengambil tes pada saat awal kehamilan (hormon masih sedikit dalam urin) bisa saja hasil yang ditunjukkan negatif, padahal Anda sedang hamil (seharusnya hasilnya positif). Hal ini terjadi pada sekitar 10 persen tes kehamilan pribadi di rumah. Jika Anda menggunakan alat tes beberapa hari lewat dari masa datang bulan Anda, dan hasilnya negatif, coba ulangi beberapa hari kemudian untuk memberikan kesempatan terkumpulnya hormon hCG lebih banyak lagi dalam urin. Sebaiknya Anda melakukan tes ini pada pagi hari, karena hormon itu akan terkumpul lebih banyak pada pagi hari.

* Variasi. Setiap tubuh perempuan memiliki perbedaan sendiri. Jumlah hormon hCG juga berbeda dalam tubuh mereka. Hasil tes kehamilan pribadi di rumah mungkin sangat akurat untuk sebagian perempuan, tapi tidak begitu akurat untuk yang lain.

* Merek. Lain merek, lain juga cara mendeteksi kehamilan. Ada yang mendeteksi dengan sangat sensitif, sehingga kesalahan kecil saja dalam penggunaan bisa mengganggu hasil tes. Namun ada juga yang tidak.

* Tanda positif atau negatif yang palsu. Hampir tidak ada kejadian ini, seperti yang dilaporkan oleh The Mayo Clinic. Hasil tes mungkin saja salah karena mungkin urin Anda tercampur air, darah, atau cairan lain yang bisa memberikan hasil tes yang palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com