Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramuan Pengusir Bau pada Kaki

Kompas.com - 04/02/2010, 12:47 WIB

KOMPAS.com — Penyebab utama bau di tubuh adalah keringat. Bagian kaki sendiri bisa memproduksi hampir 570 ml keringat dalam sehari. Namun, sebenarnya keringat hanya terdiri dari air dan garam yang tidak mengeluarkan bau. Ketika bercampur dengan bakteri, barulah keringat akan berbau. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari bau-bau tak sedap. Atasi bau pada kaki dengan ramuan-ramuan berikut:

Rendam dengan teh
Rendam kaki minimal seminggu sekali dengan teh hangat. Caranya: siapkan baskom berisi air hangat-hangat kuku. Masukkan ampas teh ke dalam baskom. Anda juga dapat menggunakan teh celup jika mau. Rendam telapak kaki Anda selama 10 menit. Niscaya bau kaki akan hilang jika Anda rutin melakukannya.

Jeruk nipis yang berguna
Setelah bekerja, gosoklah kaki dengan menggunakan jeruk nipis. Baunya yang segar akan menghilangkan bau yang menempel selama Anda beraktivitas.

Manfaatkan serbuk kopi
Semua tentunya sudah tahu bahwa serbuk kopi dapat menyerap bau. Bungkuslah kopi ke dalam kain yang bersih atau tisu. Masukkan ke dalam sepatu paling tidak sehari semalam atau sampai bau itu hilang.

Taburi dengan soda kue

Ada bahan lain yang efektif untuk menghilangkan bau dari sepatu, yaitu soda kue. Ambil satu sendok makan soda kue, taburkan di dalam sepatu semalaman. Esok paginya, bersihkan. Bahan lain, seperti bedak bayi, juga efektif menghilangkan bau dari dalam sepatu. Taburi secukupnya di dalam sepatu dan biarkan sehari semalam. Pilih bedak yang tak terlalu wangi. Wangi yang berlebih bisa menjadi pemicu bau tidak sedap lainnya.

(IP Rangga/Majalah Sekar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com