Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Sulam Bunga di Atas Tas Tangan

Kompas.com - 11/03/2010, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Rumah Sulam Rachmy yang terletak di bilangan Meruya Selatan punya berbagai koleksi tas sulam tangan dan bordir nan memikat. Hasil sulaman butik milik Endang Rachminingsih ini berkiblat pada sulaman Eropa tiga dimensi, atau sulam timbul. Motif yang ia gunakan memiliki ciri khas, yaitu berbagai kreasi bunga seperti bunga mawar, dahlia, sekar tanjung, dan lain-lainnya.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia itu mengaplikasikan sulam tangan pada kain tenun, belacu (katun krem), lurik, mori, serat tumbuhan, serat jut dari India, jeans, kulit tiruan atau sintetis, kain kanvas, hingga sutra. Selain itu ia juga mengaplikasikan sulam tangan dengan kain batik, dan lukisan akrilik di atas bahan kanvas.

Selain sulaman tangan, Endang juga menggunakan sulam mesin atau yang kerap disebut dengan bordir. Bordir yang dihasilkan sangat halus sehingga hasilnya tampak seperti sulaman tangan.  

''Saya menggunakan benang sulam khusus (DMC), serta pita yang dilengkapi mote dan mutiara untuk mempermanis tampilan,'' ujar Endang, saat ditemui oleh Kompas Female di rumahnya di bilangan Meruya Selatan, Jakarta Barat. 

Lewat perpaduan benang, pita (draperi), dan manik-manik, terciptalah aneka tas tangan nan cantik, sarung bantal, sarung ponsel, kotak tisu, pajangan dinding, dan aneka aksesori lainnya. Harga sulaman itu dipatok mulai dari Rp 125.000 hingga di atas Rp 1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com