Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengurangi Kalori dengan Buah dan Sayur

Kompas.com - 21/03/2010, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang dikonsumsi setiap hari bisa memperpanjang usia alias membuat awet muda.Namun hal ini hanya terjadi jika Anda mengonsumsi makanan sehat bernutrisi seperti buah dan sayuran. Dan ini dibuktikan milyuner Amerika David Murdoch (85) yang tetap bugar di usia senja.

Sepeninggal istrinya karena kanker, yang diyakini penyebabnya karena asupan makanan dan pola makan tak sehat, Murdoch mengembangkan produksi buah dan sayur dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang tepat.

Ia sendiri membiasakan konsumsi buah dan sayur dengan kombinasi protein seperti telur dan ikan. Ini menjadi rahasianya untuk tetap bugar dalam usia senja. Bahkan Murdoch masih bisa melakukan latihan kardio 60 menit, 50 kali push up, dan tidak pernah flu selama 20 tahun. Ia tak pernah mengonsumsi pil dan aspirin.

Tiru menu sehatnya seperti sarapan dengan oatmeal tanpa gula dengan blueberry dan buah kiwi sebagai menu sehari-hari. Makan siang dilanjutkan dengan omelet putih telur, tentu saja dengan sayuran dan buah. Makan malam, sayur dan ikan. Di sela waktu makan, minum smoothies yang terdiri atas 15 macam buah dan sayuran. Tampilannya mungkin tak sedap dipandang mata, tapi rasanya menyegarkan, kata Murdoch seperti disampaikannya dalam Oprah Winfrey Show edisi "Extreme Life Extension".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com