Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ciuman Sehari Bikin Perkawinan Tetap "Hot"

Kompas.com - 30/03/2010, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Apa kunci perkawinan yang bahagia? Survei yang digelar situs perencanaan pernikahan di Inggris, www.confetti.co.uk, menunjukkan resepnya: berbagi hobi, berciuman empat kali dalam sehari, mengatakan "I love you" setiap hari, dan menikmati dua kali dinner romantis dalam sebulan.

Para peneliti juga mendapati bahwa pasangan yang hidup bersama hingga dipisahkan kematian biasanya bertemu melalui teman-teman, dan menikah setelah 3,5 tahun berpacaran. Wow...!

Survei yang melibatkan 3.000 orang menikah ini memang dirancang untuk menemukan rahasia menjaga keharmonisan rumah tangga. "Penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak komponen yang menghasilkan perkawinan yang sempurna, termasuk selisih usia ideal, lama pacaran, dan waktu untuk menikah," ujar Carol Richardson, dari Confetti.co.uk.

Dari survei tersebut juga terlihat bahwa pasangan menikah pada usia yang lebih matang, sebagian disebabkan karena perempuan mendahulukan kariernya saat ini. Akibatnya, kehidupan percintaan dan pernikahan menjadi hal kedua yang mereka pikirkan.

Mengenai selisih usia ideal, usia pria yang lebih tua masih dianggap lebih aman, karena biasanya secara emosional dan finansial mereka sudah lebih stabil. Pernikahan yang paling panjang usia adalah jika pihak pria menikah pada usia 31 tahun (dan dua tahun tiga bulan lebih tua dari pasangannya).

"Ketika masa-masa pengantin baru berlalu, studi menunjukkan betapa pentingnya menjaga percikan cinta dengan mencium, memeluk, dan kencan romantis secara teratur," lanjut Richardson.

Percikan cinta bisa terus dihidupkan dengan saling berhubungan tiap hari (meskipun masing-masing sedang berada di kantor), entah melalui telepon, SMS, atau email. Mengungkapkan rasa sayang dengan kata "I love you", berpelukan di sofa tiga malam dalam seminggu, dan bercinta tiga kali seminggu, juga amat dibutuhkan.

Namun resep paling sederhana yang ditemukan dalam survei ini adalah, pasangan memiliki dua hobi yang sama. Dengan demikian, masing-masing bisa tetap bersosialisasi dengan teman-temannya, dua kali dalam sebulan.

Anda ingin mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com