Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Harus Mampu Meyakinkan Audiens

Kompas.com - 06/04/2010, 17:42 WIB

KOMPAS.com — Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva membawa misi besar tentang konservasi ke ajang Miss Universe 2010. Sejumlah persiapan dilakukannya, termasuk pembekalan dari pakar konservasi, Wildlife Ecologist Prof Dr Ani Mardiastuti.

Perempuan peneliti ini terlibat aktif dalam kegiatan pembekalan Puteri Indonesia menuju ajang dunia. Keterlibatannya diperlukan karena Puteri Indonesia tentunya membutuhkan banyak informasi tentang konservasi alam dan satwa.

"Informasi mengenai konservasi masih minim. Puteri Indonesia harus sadar betul perannya sebagai Duta Harimau. Sebagai duta, harus mau belajar dan perlu dibantu untuk mendapatkan informasi yang tepat," papar Ani kepada Kompas Female di sela kunjungan ke kawasan konservasi Tambling, Lampung Barat, Sabtu (27/3/2010) lalu.

Isu perubahan iklim atau kerusakan habitat perlu dipahami jika sang Puteri ingin membawa pesan lingkungan ke tingkat dunia. Bahkan, menurut Ani, kepribadian Puteri Indonesia berperan untuk meyakinkan dunia nantinya.

"Personality akan mempengaruhi, terutama bagaimana dalam memberikan penjelasan kepada orang lain. Penyampai pesan tak sekadar terlihat smart namun perlu yakin dan tidak terlihat ragu untuk membuat orang percaya," kata Ani.

Alumnus dan dosen IPB ini menegaskan, konsep lingkungan dan konservasi harus ada dalam diri Puteri Indonesia. Kepedulian atas lingkungan ini harus diaplikasikan dalam keseharian, misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan tas dari kulit binatang, atau aksesori berupa kalung dari gading gajah.

"Menggalakkan kepedulian pelestarian satwa dengan mempopulerkan tas bermotif macan tutul, misalnya, justru baik. Fashion inspired by wildlife. Hanya perlu disampaikan pesannya bahwa alam memberikan inspirasi dan perlu dilestarikan. Tetapi jangan membunuh satwa, dikoleksi, bahkan diawetkan dengan air keras," jelas Ani.

Bagi nenek satu cucu ini, input yang ditransfer kepada Puteri Indonesia bisa lebih disebarluaskan. Bagaimanapun, sebagai sosok muda yang dekat dengan ekspos media, Qory memiliki power untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk lebih melestarikan alam, lingkungan, dan satwa, terutama kepada generasi muda yang terwakili oleh Puteri Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com