Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Outer Wear Trashion Kreasi Ichwan Thoha

Kompas.com - 12/04/2010, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Berani tampil beda sekaligus membawa misi ramah lingkungan? Jika iya, outer wear kreasi fashion designer yang identik dengan spirit anak muda, Ichwan Thoha, bisa menjadi pilihan gaya berbusana.

Ichwan kembali digandeng Yayasan Unilever Indonesia (YUI), untuk mengenalkan tren fashion berkonsep ramah lingkungan.

Awal 2010 ini Ichwan mengenalkan rancangannya yang terinspirasi dari produk Trashion. Produk daur ulang sampah plastik rumah tangga, yang diolah para pengrajin perempuan, menjadi barang fungsional dengan desain menarik dan unik.

"Produk Trashion bisa dikembangkan menjadi busana yang stylish, trendi, dan ready to wear. Outer wear, jaket, dan sepatu, menjadi pengembangan produk yang bisa meningkatkan imej Trashion dari segi desain," papar Ichwan kepada Kompas Female usai Workshop Trashion di Grand Indonesia, Sabtu (10/4/2010) lalu.

Ichwan menyebutkan rancangannya yang berjumlah lebih dari 12 set, kebanyakan adalah outer wear. Ide desainnya tak jauh dari karakter anak muda yang edgy, konstruktif, retro futuristik, dan urban tailor, khas Ichwan Thoha.

"Kerjasama ini positif sekali untuk memberikan inspirasi yang berbeda kepada para ibu penggerak Trashion. Kaum ibu binaan dari Yayasan (YUI-RED), mendapatkan pelatihan dari segi desain, manipulasi potongan dan konsep produk yang lebih ke ladylike," katanya.

Hasilnya, Trashion lebih kental dengan imej eksklusivitas dengan menyasar berbagai kalangan yang berani dan percaya diri tampil berbeda, jelas Ichwan.

Kualitas menjadi perhatian utama dalam mendesain maupun memproses pembuatan Trashion dalam bentuk terusan, luaran model A-line, capouchon bergaya sporty, tas setengah lingkaran atau bulat, dan lapisan pada sepatu.

Tingkat kerumitannya memang cukup tinggi, terutama dalam proses penjahitan. Yanti, pengrajin binaan YUI mengakui, untuk membuat satu buah baju membutuhkan waktu seminggu. Trashion semakin bersiap meramaikan dunia fashion lokal, dengan karakternya yang eksklusif, unik, ramah lingkungan, fungsional, dan trendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com