Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dr. Martens, 50 Tahun "Memberontak"

Kompas.com - 15/04/2010, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Anda yang tumbuh remaja pada pertengahan tahun 90-an tentu pernah ikut terprovokasi untuk mengenakan sepatu Dr. Martens. Boots bersol tebal ini menjadi sepatu dalam segala suasana. Mau pakai seragam sekolah, rok panjang, rok pendek, dan terutama jeans, DocMart tak pernah lepas dari kaki Anda.

Tren fashion yang berlaku di Indonesia cenderung cepat berlalu, demikian juga DocMart saat itu. Namun di luar, sepatu hasil rancangan Dr Klaus Maertens terus melaju. Bahkan tahun ini, Dr. Martens merayakan anniversary-nya yang ke-50.

Tanggal 1 April 2010 menandai 50 tahun ketika boots pertama berlubang tali 8 diperkenalkan. Seri ini diberi nama 1460, sesuai tanggal produksinya (1 April 1960). Awalnya sepatu ini didesain untuk kalangan pekerja, namun image-nya kelak menggambarkan para pemberontak dan kalangan yang ogah mengikuti aturan.

Sol sepatu berbantalan udara, dengan jahitan warna kuning di sekelilingnya, serta 8 lubang tali, menjadi ciri khas sepatu yang banyak dipakai oleh rocker, punks, skinheads, dan siapa pun yang merasa memiliki karakter semacam itu.

Seiring perkembangan waktu, Dr. Martens tak hanya tampil dalam desain boots, tetapi juga high heels dan sandal. Meskipun demikian, original boots-nya (1460) memang masih menjadi item terlaris. Model Agyness Deyn dan Avril Lavigne termasuk yang masih sering terlihat memakainya.

Seri lain seperti White & Pink 1460 boots (sekitar Rp 1.180.000) dengan gambar mawar Inggris ini biasanya populer saat musim panas, begitu pula Toa Sandals (sekitar Rp 694.000). Original Dr. Martens juga tersedia dalam versi yang terkesan telah pakai (worn).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com