Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIMI Fasilitasi Donor ASI

Kompas.com - 16/05/2010, 02:46 WIB

KOMPAS.com - Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia atau AIMI, menjadi wadah berbagi ilmu dan pengalaman ibu menyusui. Tak berhenti sampai di situ, AIMI berkomitmen membangun kesadaran kaum ibu untuk menyusui, termasuk dengan menjembatani donor ASI.

Farahdibha Tenrilemba KL, Sekretaris Jenderal AIMI mengatakan AIMI mewadahi ibu yang ingin mendonorkan ASI dan penerima donor yang membutuhkan ASI dengan kondisi tertentu.

"Prinsipnya AIMI menjadi fasilitator untuk memudahkan ibu yang mencari donor ASI dan juga pendonor ASI," jelas pendiri AIMI yang akrab disapa Dibha kepada Kompas Female, Jumat (14/5/2010).

Produksi ASI melimpah dialami sejumlah ibu. Di sisi lain, karena kondisi belum pulih, ibu yang melahirkan bayi prematur membutuhkan donor ASI untuk bayinya. Di sinilah donasi ASI memainkan perannya.

Menurut Dibha, bagaimanapun pilihan untuk donor ASI jatuh kepada orangtua. Namun sebaiknya, tahapan memberikan ASI adalah ibu langsung menyusui bayi, jika tidak memungkinkan, ibu memberikan ASI perah kepada bayi. Jika masih tidak memungkinkan, karena kondisi tertentu dan bukan karena ibu segan menyusui, ASI donor menjadi solusi.

"Memberikan susu formula kepada bayi sebaiknya menjadi pilihan terakhir. Donor ASI bisa menjadi prioritas sebelum pilihan akhir ini," tegas Dibha.

Dibha memaparkan informasi mengenai donor ASI bisa didapatkan melalui jejaring AIMI. Terutama forum mailing list, wadah ibu menyusui berbagi pengalaman dan informasi.

Dibha mengakui, belasan anggota AIMI mendonasikan ASI mereka terutama kepada bayi lahir prematur. Hubungan pertemanan dan kekeluargaan membangun rasa kepercayaan antara pendonor dan penerima donor.

Namun, siapapun yang membutuhkan donor ASI bisa menghubungi AIMI yang bertindak sebagai fasilitator. Baik pendonor atau penerima donor perlu mengikuti sejumlah prosedur dalam mendonasikan ASI.

"Begitu menghubungi AIMI, kedua ibu yang saling membutuhkan bisa langsung berhubungan. Karena bagaimanapun donasi ASI kembali kepada pendekatan personal dan trust," tandas Dibha.

Informasi Donor ASI, AIMI:
Hotline: 021-72790165, 021-72787243
www.aimi-asi.org
email: kontak@aimi-asi.org
milis; asiforbaby@yahoogroup.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com