Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawang Putih, Obat Alami Sakit Tenggorokan

Kompas.com - 16/05/2010, 18:43 WIB

KOMPAS.com - Obat alami bisa didapatkan dari dapur Anda. Saat tenggorokan sakit misalnya bawang putih ternyata bisa menjadi peredanya. Bumbu dapur ini tak hanya bermanfaat menurunkan kolesterol atau tekanan darah tinggi, namun juga bisa menjadi obat alami saat tenggorokan terasa gatal.

Michael Finkelstein, pakar holistik dari Westchester, New York menjelaskan rempah beraroma tajam ini mampu merangsang imun untuk melawan virus. Bawang putih diyakini bisa menyembuhkan tubuh dari infeksi penyebab sakit tenggorokan. Bawang putih juga melawan bakteri penyebab rasa sakit dan iritasi saat sakit tenggorokan. 

Finkelstein menyarankan, hangatkan satu atau dua siung bawang putih dalam microwave selama 10 hingga 15 detik. Lalu hancurkan bawang putih dengan ditekan, dan makan langsung. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari, hingga sakit mereda.

Namun Jika tidak suka aroma menyengat bawang putih, Anda bisa minum air hangat dengan campuran garam untuk meredakan sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Minum satu kali sehari atau sesuai kebutuhan. Gunakan air hangat dan bukan air panas.

Grace Keenan MD dari Nova Medical Group, di Ashburn, Virginia mengatakan air garam ini membunuh bakteri di tenggorokan. Cairan ini juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Air garam hangat ini bisa meningkatkan aliran darah yang dibutuhkan untuk melawan infeksi sel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com