Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Cari Diskon Apa Aja, Tinggal Klik!

Kompas.com - 27/05/2010, 13:57 WIB

KOMPAS.com — "Ada diskon, enggak?" Pertanyaan itu kerap dilontarkan pembeli saat belanja. Dari situ, seorang pria muda terinspirsi untuk membangun www.AdaDiskon.com yang berisi informasi mengenai diskon di segala penjuru Jakarta. Mau tanya program diskon di mana saja? tinggal klik!

Sejak arus informasi menjadi semakin deras, untuk mendapatkan info mengenai apa pun jadi semudah menekan tombol-tombol di ponsel. Kini, dengan pengelolaan yang benar, arus informasi jadi lebih terorganisasi. Misalnya, ada situs yang khusus mengabarkan informasi arus lalu lintas, aneka diskon, bahkan sampai mencari pengasuh anak, semua ada.

Aswin Tanu Utomo, misalnya. Ia terinspirasi oleh ide bahwa semua orang gemar berburu barang diskon, sementara informasi mengenai diskon di berbagai tempat belum terorganisasi dengan baik. Maka dari itu, pertengahan tahun 2009, ia mendirikan situs www.AdaDiskon.com yang isinya khusus seputar diskon yang sedang berlaku.

Rupanya gayung bersambut. Tanggapan positif pun mengalir. Promosi AdaDiskon berjalan dari mulut ke mulut. Setelah Aswin melengkapi senjatanya dengan sebuah akun di mikroblog Twitter dengan nama @AdaDiskon, pengikutnya makin mengular. Sejak dibuat pada pertengahan 2009, @AdaDiskon berhasil menggaet 17.335 followers. Setelah jumlah pengikut semakin banyak, Aswin juga menggencarkan layanan dengan menggandeng pusat-pusat perbelanjaan sebagai rekanan. Dengan begitu, Aswin dapat langsung memperoleh info diskon atau pameran.

Ulasan diskon lengkap
Aswin lantas membuat statistik sederhana mengenai diskon produk apa saja yang paling banyak disukai pengguna Twitter. "Biasanya kami beri info singkat di Twitter, sekaligus tautan situs AdaDiskon.com untuk info yang lebih lengkap. Dari situ kami bisa lihat info yang paling banyak dilihat yang mana," jabarnya.

Dari statistik itu pula diketahui, kaum perempuan mendominasi sekitar 60 persen dari total pengikut AdaDiskon. Dikerjakan oleh enam orang, AdaDiskon memberi informasi tentang diskon berbagai produk, mulai dari merek-merek sepatu, butik, restoran, buku, furnitur, hingga produk otomotif.

Tak hanya informasi, Aswin juga mengerahkan editornya untuk meliput langsung ke lokasi dan melaporkannya melalui situs. Ulasan itu mulai dari barang-barang apa saja yang didiskon dan besar diskonnya hingga suasana di lokasi.

"Paling fenomenal waktu sale Crocs beberapa waktu lalu, yang antreannya sampai berlantai-lantai," katanya.

Ke depan, Aswin ingin membangun AdaDiskon menjadi situs berbasis komunitas dan melebarkan sayap ke daerah-daerah. (Sita Dewi/Tabloid Nova)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com