Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Potongan Steak Lebih Cantik

Kompas.com - 29/05/2010, 18:58 WIB

KOMPAS.com - Makanan semakin nikmat dengan tampilan menarik. Bukan hanya cara memasak yang perlu diperhatikan, tetapi juga bentuk potongan.

Khusus untuk steak, potongan mempengaruhi mood makan. Apalagi jika Anda berniat menyajikan makan malam spesial untuk tamu kehormatan, atasan suami Anda misalnya.

Yenny Firdaus Slaney, pemilik bisis rumahan daging impor Australia, mengatakan mood dan suasana mempengaruhi nafsu makan. Namun memperlakukan bahan makanan dan masakan siap santap juga perlu dilakukan dengan baik, agar makan lebih nikmat.

Urusan memotong daging steak, misalnya. Yenny memperagakan caranya dalam workshop Mom Can Cook bertema "The Secret of Juicy Steak", Kamis (27/5/2010) lalu.

"Memotong daging cukup dengan sekali atau dua kali menggerakkan pisau. Jangan memotongnya berkali-kali karena akan merusak bentuknya," kata Yenny.

Penggunaan pisau khusus daging juga penting. Pastikan pisau daging hanya untuk memotong daging dan tidak digunakan untuk keperluan lainnya, apa pun itu.

Mengasah pisau sebelum digunakan hukumnya wajib. Anda harus memastikan pisau cukup tajam, agar potongan steak lebih cantik. Jika perlu belilah alat pengasah pisau yang modern yang tidak menyulitkan pekerjaan memasak.

"Gadget yang mendukung membuat memasak lebih menarik. Jadi, ibu juga perlu tahu alat masak apa yang membuat masak menjadi lebih mudah," jelas Rina Poerwadi, instruktur Mom Can Cook kepada peserta workshop.

Dengan gadget masak yang tepat, teknik memotong yang benar, dijamin steak buatan Anda lebih nikmat. Tingkat ketebalan juga bisa diatur sesuai selera.

Rina misalnya, menyukai potongan agak tebal dan dipanggang setengah matang. Saat menyantapnya, potongan steak pesanan Rina lebih berwarna merah, namun tetap empuk seperti potongan lainnya.

Jadi, siapkan alat masak di rumah. Jika tidak ada alat barbeque, gunakan grill pan atau penggorengan tipis yang biasa digunakan untuk memanggang. Siap bereksperimen?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com