Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Siang yang Berkualitas

Kompas.com - 29/06/2010, 15:34 WIB

KOMPAS.com — Anda termasuk orang yang bekerja saat makan siang? Dan akhirnya merasa sangat kelelahan di malam hari? Tahukah Anda, memanfaatkan waktu istirahat dengan tepat setiap hari merupakan rahasia agar kita bisa tetap produktif. Berikut 5 tip untuk memastikan kita “berhenti” dengan optimal:

1. Jangan biasakan makan di meja kerja. Tidak peduli seberapa cepat kita dikejar deadline, usahakan untuk tetap bisa beranjak sebentar dari meja kerja, walau hanya 15 menit. Berpisah sementara dengan meja kerja juga dapat menghindarkan kita dari dorongan membaca e-mail balasan atau mengangkat telepon dari klien. Nikmati santap makan siang di kantin atau pantry, sambil ngobrol santai dengan teman. Berjauhan sejenak dengan “kerjaan” akan membantu menyegarkan kembali pikiran kita yang penat. Sehingga, ketika kembali, kita bisa lebih fokus pada kerjaan yang dilakukan.

2.  Hirup udara segar. Jika kerjaan mengharuskan kita terperangkap di dalam ruangan sepanjang hari, coba buatlah kebiasaan baru untuk pergi ke luar sebentar dan memutuskan hubungan kita dengan kerjaan untuk sejenak. Berjalan kaki keluar kantor untuk membeli buah akan memberikan mental kita istirahat, sekaligus kita bisa menikmati dan menghirup udara segar.

3. Buatlah janji makan siang dengan teman. Memiliki teman yang kantornya berdekatan? Sesekali, buatlah janji untuk makan siang bersama. Selain bisa menjadi ajang “temu-kangen”, cara ini bisa mengalihkan pikiran kita sejenak dari kepenatan kerja. Suka membawa bekal dari rumah? Sesekali memberikan traktiran pada diri sendiri bisa mencerahkan pikiran.

4. Tuntaskan tugas pribadi, seperti pergi ke bank, membeli obat di apotek, atau urusan lain pada waktu jeda makan siang. Cara ini akan menghindarkan kita dari memiliki “tugas” lagi setelah pulang kerja. Jadi, kita bisa langsung pulang ke rumah dan menikmati malam dengan lebih rileks. 5. Mari baca buku. Membaca adalah cara terbaik untuk “lari” dari kerjaan dan bahkan mampu membantu mengalirkan pikiran-pikiran yang kreatif. Pilihlah novel yang kita suka dan jadikan buku tersebut sebagai teman makan siang kita. Kemudian, cari tempat yang tenang di mana kita bisa menyantap makan siang sambil membenamkan diri ke dalam buku tersebut. Buatlah janji pada diri sendiri bahwa satu-satunya cara menyelesaikan buku tersebut adalah dengan cara meninggalkan meja kerja dan membacanya selama waktu jeda.

Selamat makan siang, sahabat! (PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com