Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Make-up Natural Terinspirasi Bunga Peony

Kompas.com - 12/07/2010, 12:53 WIB

KOMPAS.com - L'Occitane merupakan brand kosmetika asal Perancis yang terkenal dengan produk-produknya yang alami. Selama ini, L'Occitane memproduksi produk perawatan untuk kulit, rambut, wajah, tubuh, dan lainnya. Pertengahan tahun ini, L'Occitane melakukan gebrakan dengan meluncurkan rangkaian kosmetika dekoratifnya.

"Kami berusaha mengikuti permintaan pasar (pelanggan) setia kami yang sejak lama menanyakan mengapa kami tidak mengeluarkan kosmetik dekoratif. Bukan karena tak ingin, namun, karena kami berusaha selalu memberikan yang alami dan memastikan produk-produk kami baik untuk digunakan. Hal tersebut butuh proses dan waktu untuk diproduksi," jelas Dyah Fitrisally, Assistant Marketing Manager L'Occitane kepada Kompas Female beberapa waktu lalu di gerai L'Occitane Plaza Senayan.

Alami Tanpa Mengurangi Esensi
Dalam keterangan kepada pers, pihak L'Occitane mengatakan, bahwa rangkaian make-up yang dikeluarkan ini tetap mengedepankan kealamian pada produknya tanpa mengurangi esensi dari make-up itu sendiri, yakni memainkan warna dan efek, kenyamanan pengaplikasian, dan hasil akhirnya.

Dibantu dengan tim dari make-up artist Ira Suwardy, para media diberikan kesempatan  mencoba langsung make-up yang ditawarkan. Rangkaian produk yang ditawarkan memang tak seluas rangkaian produk make-up kebanyakan. Namun, cukup untuk membantu memberikan efek dekoratif pada wajah. L'Occitane mengeluarkan pewarna bibir, pemulas pipi, illuminating powder, bronzer, pemulas kelopak mata, dan pelembap bibir. Masing-masing pun dengan ragam warna yang tak lebih dari 4.

Seperti disebutkan di atas, meski sifatnya alami, L'Occitane berupaya agar kesan dan esensi pewarna make-up tidak hilang dari rangkaian yang mereka tawarkan. Warna-warna alami yang terinspirasi dari bunga peony menjadi pilihan. Warna-warna yang ditawarkan cukup menawan dan elegan, mulai dari kekuningan, merah muda, hingga keunguan. Cocok untuk dikenakan sehari-hari, namun untuk efek yang lebih dramatis, celupkan kuas pemulas Anda pada air, oleskan pada produk, baru aplikasikan. Warna-warna netral dan natural ini sengaja dipilihkan oleh pihak L'Occitane Indonesia yang sesuai dengan warna kulit wanita Indonesia kebanyakan, yang putih, kekuningan, juga kecokelatan.

Diklaim oleh pihak L'Occitane, produk-produk yang ditawarkan bebas dari paraben yang dikabarkan tak baik untuk kesehatan kulit, dan hanya menggunakan 2 persen pigmen sintetis, serta membatasi silikon hanya sampai 5 persen. Semua produknya pun benar-benar menggunakan ekstrak peony yang melembutkan. Untuk membuat produknya mudah diaplikasikan dan terasa dingin pada wajah, diberikan pula bubuk bedak mika yang dibungkus mimosa.

Tak hanya produk, bahkan kemasannya pun diupayakan oleh L'Occitane agar tidak membuat dampak buruk yang parah pada lingkungan. Kemasan luaran terbuat dari kertas berbentuk bungkus biji tumbuhan, sementara plastiknya terbuat dari bahan daur ulang.

Multiguna
"Banyak produk-produk kami yang didesain untuk kepraktisan. Dalam satu produk, Anda bisa menggunakannya dengan lebih dari satu bagian. Misal, lip and cheek stain, yang dirancang bisa mewarnai bibir serta pipi," jelas Dyah.

Tak hanya produk tersebut, beberapa produk lainnya pun ternyata mampu memberikan nilai multiguna. Misal, illuminating powder, yang bisa membantu mencerahkan bagian-bagian tertentu pada wajah yang terlihat kusam; seperti di daerah bawah mata, sisi dan batang hidung, garis senyum, dan atas alis. Atau bronzer yang di dalamnya ada beberapa warna, bisa Anda gunakan sebagai eyeshadow atau sebagai shading.

"Memang bagus untuk mereka yang gaya hidupnya penuh kesibukan dan tidak mau ribet dengan banyak pernik make-up. Warnanya pun cukup natural, tetapi kalau diberi air, bisa terlihat lebih dramatis," papar Dyah.

Pasar yang lebih muda
Harga dari rangkaian produk ini tergolong di bawah harga pasaran dari produk-produk yang dimiliki L'Occitane lainnya. Kisarannya antara Rp 180.000 - Rp 340.000. Ternyata, Dyah mengakui bahwa produknya mengincar pasar yang lebih muda. Jika selama ini produk-produknya ditujukan untuk mereka yang berusia di atas 30 tahun, kini target dari rangkaian make-up ini ditujukan kepada mereka yang lebih muda, sekitar usia 20-an. Lagipula, dengan bahan alaminya, bisa diklaim, bahan-bahan make-up ini aman untuk digunakan siapa pun. Bahkan Holly, salah seorang penata rias dari tim Ira Suwardy mengakui bahwa kulitnya yang sensitif cocok dengan produk L'Occitane, ia mengunggulkan bronzer karena memiliki banyak warna, multiguna, serta cocok dengan kebanyakan kulit wanita Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com