Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelurusan dan Pewarnaan Rambut Cukup Sekali Kunjungan ke Salon

Kompas.com - 24/07/2010, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Rambut hitam dan lurus menjadi impian Anda? Berarti impi Anda tersebut sama dengan kebanyakan wanita Indonesia. Rambut lurus dan hitam memang terkesan mudah untuk ditata dan bisa "diterima" saat keadaan formal maupun non formal. Tak heran, hasil penelitianL’Oréal Professionnel yang dilangsungkan di akhir tahun 2007 lalu menghasilkan bahwa 9 dari 10 wanita Indonesia mendambakan rambut dengan tipe tersebut.

Hasil riset tersebut diadakan L’Oréal terhadap 1.072 wanita di 5 kota besar, yakni Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, dan Semarang. "Belakangan ini kami pun sempat melakukan Focus Group Discussion untuk melihat keakuratan data ini. Hasilnya, masih seperti ini. Wanita Indonesia masih lebih prefer rambut hitam dan lurus," terang Pratiwi Halim, Marketing Manager L’Oréal Professionnel, pada acara konferensi pers Glossy Smooth di Fountain Grand Indonesia Shopping Town, beberapa waktu lalu.

Melihat besarnya pasar tersebut, pihak L’Oréal Professionnel memutuskan untuk meluncurkan servis Glossy Smooth. Servis ini merupakan kombinasi pelurusan dan pewarnaan rambut dalam sekali waktu. Jika selama ini disarankan untuk hanya mengambil 1 servis kimiawi rambut saja dalam sekali kunjungan (misal, hanya pelurusan dalam 6 bulan), kini L'Oreal menggabungkan dua servis kimia dalam sekali kunjungan. Bagi pelanggan, tentunya hal ini berarti hemat biaya dan hemat waktu. "Kira-kira bisa menghemat biaya antara 20-30 persen. Waktu pengerjaannya pun antara 1,5-2 jam. Kalau servisnya terpisah, bisa menghabiskan waktu yang cukup banyak," jelas Pratiwi kepada Kompas Female.

Tentu ada kekhawatiran untuk melakukan pewarnaan dan pelurusan dalam waktu bersamaan. Penggunaan zat kimia untuk dua servis semacam itu bisa sangat merusak rambut. Namun, menurut Pratiwi, dengan teknologi yang digunakan L'Oreal, ketakutan tersebut bisa disingkirkan. Servis Glossy Smooth yang ditawarkan L'Oreal ini memiliki keunggulan pada paduan teknologi Nutri-Cationic dari X-tenso Moisturist dan teknologi RICH dari Richesse.

Diterangkan lebih lanjut, X-tenso Moisturist merupakan produk yang mampu menciptakan tekstur rambut yang halus, lembut, dan berkilau. Teknologi ini tercipta dari kandungan cationic, emolien, serta wax pelembut. Fungsinya, memperbaiki serta melindungi batang rambut agar tidak patah saat proses servis berlangsung.

Untuk pewarnaan, servis ini menggunakan Richesse, yakni pewarnaan permanen tone on tone tanpa amonia. Warna yang ditawarkan saat ini adalah warna dasar hitam dengan efek pantulan cahaya kehitaman, kemerahan, keunguan, dan kecokelatan. Diingatkan Pratiwi, pelurusan rambut ada beberapa tipe. Ada yang pelurusan rambut sangat lurus sekali, ada yang masih terlihat bouncy, dan ada movement-nya. "Pasarnya pun berbeda. Ada yang suka lurus sekali, ada yang suka alami. Amat penting untuk si konsumen menjelaskan kepada si hairdresser seperti apa yang diinginkan. Misal, rambut Donita (model Glossy Smooth) yang tipis sebaiknya tidak melakukan pelurusan yang ekstrem, karena akan terlihat lepek. Yang bisa dilakukan adalah dibuat lurus tetapi jatuh alami, dipadankan dengan cutting juga" ujar Pratiwi.

Harga servis ini akan berbeda di setiap salon, mulai dari Rp 300 ribu, tergantung salon yang dituju. Untuk perawatan usai servis ini, Pratiwi menyarankan untuk melihat kebutuhan rambut. Jika ingin mempertahankan warna, pusatkan pada shampo, kondisioner, dan masker untuk pewarnaan. Begitu pun jika ingin merawat hasil pelurusannya. Namun, jika ingin menjaga keseimbangannya, bisa juga dengan memadukan produk-produk tadi perawatan pewarnaan dan pelurusan dalam sekali perawatan di rumah atau di salon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com