Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Kelas "Positive Parenting" di Rumah Dancow

Kompas.com - 05/08/2010, 19:23 WIB

KOMPAS.com - Tak pernah ada sekolah untuk menjadi orangtua, namun menemukan pola asuh anak yang tepat sangat bisa dipelajari. Salah satu caranya, dengan mencari ruang konsultasi yang lebih lengkap bagi orangtua, sekaligus menyenangkan bagi anak. Coba saja singgah ke rumah edukasi sarat hiburan yang didirikan oleh Dancow.

Rumah yang menjadi "sekolah" bagi orangtua ini buka mulai Rabu hingga Minggu. Tertulis di depan gerbangnya, Rumah Dancow Parenting Centre (DPC), yang akan menjadi alternatif destinasi hiburan keluarga di perkotaan. Di sini, Anda akan bertemu dengan pakar gizi/nutirisi, psikolog, atau pendamping dari Dancow.

Rumah DPC, yang bertema "Positive Parenting" untuk 2010 ini, memiliki empat kelas dan satu playground dalam ruangan. Dalam dua jam Anda dan keluarga singgah ke rumah ini, ragam pengetahuan seputar positive parenting bisa Anda aplikasikan di rumah. Sasarannya, orangtua lebih cerdas dan bahagia, dengan dampak positifnya tumbuh kembang anak lebih optimal.

Kelas Konsultasi Orangtua dan Kreativitas Anak
Terdapat dua kelas konsultasi dalam Rumah DPC, yaitu Kelas Nutrisi dan Kelas Psikologi. Di sinilah orangtua bisa bertemu langsung dengan pakar, untuk lebih jauh mengenal positive parenting. Lima prinsip pola asuh positif di antaranya: lingkungan aman dan mendukung, perhatian dan dukungan positif, penanaman nilai dan kebiasaan baik, stimulasi sesuai tahapan perkembangan, dan mengatasi stres bagi orangtua.

Orangtua juga bisa lebih memahami aspek gizi yang tepat bagi anak. Strategi pemberian makanan yang tepat adalah sebagian saja ilmu yang bisa Anda dapatkan dari kelas nutrisi. Jika Anda ingin menanyakan berbagai persoalan gizi anak, di sinilah tempatnya. Masing-masing kelas berdurasi minimal 10 menit.

Selanjutnya, Anda dan buah hati bisa masuk ke kelas Art & Craft (usia 1-3 tahun). Di kelas ini, berbagai kegiatan yang melatih kreativitas anak disediakan. Dengan bantuan fasilitator, Anda bisa mengenali sejauhmana arah minat dan kreativitas anak.

Kelas Storytelling menjadi destinasi berikutnya, yang dirancang untuk anak usia 1-3 tahun. Orangtua bisa melatih fokus dan konsentrasi anak dengan mendengarkan cerita edukasi dari pakarnya. Anak bisa belajar mengingat dengan merekam cerita yang diberikan, tentu saja dengan tetap didampingi orangtua. Keterlibatan orangtua di setiap aktivitas menjadi penting untuk mengenali karakter anak dan perkembangannya.

Kelas Gym menjadi tempat menarik lainnya, karena Anda bisa melatih motorik kasar anak. Meski terdapat ruang playground, di kelas Gym ini alat yang digunakan lebih dikonsentrasikan agar anak lebih banyak bergerak dengan lebih terarah.

"Playground lebih berfungsi sebagai ruang tunggu jika kelas penuh atau anak butuh variasi mainan. Pendamping akan mengarahkan anak ke playground jika di kelas lain tidak kondusif," papar salah satu pendamping kepada Kompas Female, saat tur media ke setiap kelas Rumah DPC. 

Kelas Musik menjadi pilihan lainnya untuk melatih motorik kasar untuk anak usia 1-5 tahun. Gerak dasar seperti meniup, menggoyangkan alat musik diajarkan di sini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com