Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susun Balok untuk Latih Kemampuan Otak Anak

Kompas.com - 13/08/2010, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Bingung mau memberikan hadiah mainan untuk anak yang usianya di bawah tiga tahun? Mengapa tidak memberikan mainan susun balok? Mungkin terdengar "tradisional", tetapi permainan ini ternyata memiliki ragam manfaat jika diperkenalkan di usia yang tepat.

Lara Fridani S.Psi, M.Psych, dosen pendidikan anak usia dini i(PAUD) di Universitas Negeri Jakarta menjelaskan mengenai baiknya permainan susun balok ini. Menurutnya, susun balok sama halnya dengan permainan puzzle, karena sama-sama dalam permainan konstruktif. Dinamakan demikian, karena anak secara aktif membangun sesuatu menggunakan bahan/material yang sudah tersedia dengan pengetahuan yang dimilikinya. Anak menyusun serta merangkai balok-balok menjadi sebuah bangunan menara, gedung, rumah, jalan, dan sebagainya.

Bermain susun balok berkaitan erat dengan kemampuan intelektual dan koordinasi motorik anak. Di sini anak mengekspresikan gagasan yang ada dalam pikirannya, mengorganisasikan material yang ada, serta berkonsentrasi membuat bangunan atau suatu konstruksi. Karena jenis permainannya terstruktur, anak dapat mengembangkan berbagai aspek kecerdasan, seperti kognitif, spasial, sosial, dan emosi.

Bermain konstruksi seperti susun balok sudah bisa dikenalkan di usia batita. Untuk anak di bawah usia 2 tahun, balok-balok berukuran besar membantunya menggenggam dan menyusun material dengan lebih mudah. Jumlah balok yang mampu disusunnya pun masih sedikit serta berantakan di sana-sini. Bahkan mungkin, di bawah 2 tahun, anak baru mampu memegang dan membolak-balik baloknya. Mereka belum paham betul konsep keteraturan, urutan, bentuk, maupun ukuran.

Menjelang usia 3 tahun barulah anak dapat diperkenalkan pada permainan susun balok ini. Ia sudah paham konsep besar-kecil dan urutan, karena kemampuan belajarnya sudah semakin baik. Dalam pikirannya sudah muncul ide akan diapakan balok-balok tersebut. Dapat dikatakan, anak sudah bisa memaknai permainan ini, yang diperlihatkan dengan munculnya membangun "rumah". Ia akan menumpuk balok-balok yang ada sambil memerhatikan besar kecilnya, kesamaan warna, dan kesimbangan bangunan. Bentuk paling sederhana adalah menara yang dibangun setinggi-tingginya.

Ketika membangun balok-balok yang ada, anak sebetulnya melakukan peniruan terhadap apa yang dilihatnya dalam kesehariannya ditambah imajinasi dan kreasinya sendiri.

Kemampuan setiap anak dalam membuat suatu konstruksi tentunya tidak sama, meski usia sama. Hal ini bergantung pada kemampuan dan kematangan motorik halus masing-masing dan stimulasi dari orangtua selama ini.

 

(Dedeh Kurniasih/Tabloid Nakita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com