Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Pelangsing Jadi Alternatif Kedua Saja

Kompas.com - 23/08/2010, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Menjalani program pelangsingan badan ada tahapannya. Anda tidak lantas boleh menghalalkan segala cara karena terobsesi mendapatkan tubuh ideal. Utamanya, lakukan tahapan dasar, dengan mengatur pola makan diimbangi aktivitas fisik atau berolahraga.

Ahli gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, menegaskan bahwa program pelangsingan seharusnya dilakukan dengan menjalankan diet sehat dan aktivitas fisik. Jika tahapan dasar ini tak juga memberikan hasil memuaskan, baru bisa dilanjutkan melalui terapi dengan menggunakan obat dan atau suplemen (pharmakoterapi).

"Menjalani program pelangsingan harus dijalankan dengan konsep back to basic. Jikapun harus menggunakan obat, pilihlah obat yang aman dan tentunya dengan konsultasi dokter," jelas dr Sam kepada Kompas Female.

Berhasil atau tidaknya program pelangsingan tubuh sangat bergantung kepada kebutuhan dan motivasi pasien. Karenanya, komitmen untuk menjalankan tahapan dasar (mengatur pola makan dan olahraga) sangat menentukan keberhasilan program.

"Kerjakan lebih dahulu yang dasar ini, jika tak berhasil tambahkan obat, atau tahapan paling atas adalah operasi untuk mengecilkan lambung atau bypass," tegas dr Sam, sambil menambahkan bahwa operasi ini hanya boleh dilakukan setelah melewati tahapan pharmakoterapi.

Baik pasien maupun dokter perlu menganalisa kembali tahapan yang sudah dilakukan. Artinya, sebelum memutuskan melakukan bypass, dokter sebaiknya memotivasi pasien untuk lebih disiplin menerapkan tahapan dasar program pelangsingan.

"Dokter harus menanyakan apakah tahapan dasar sudah dilakukan dengan benar atau tidak. Sebaiknya dokter memotivasi pasien melakukan tahapan dasar dan tak sekadar mengiyakan ketika pasien menginginkan operasi," imbuhnya.

Jika menjalani bypass saja perlu dipertimbangkan lebih matang, apalagi dengan cara lain seperti sedot lemak yang dinilai dr Sam bukan menjadi solusi mengatasi kegemukan atau obesitas.

Jadi, tak bisa sembarangan mengatasi problem kegemukan, apalagi dengan cara instan. Back to basic menjadi cara paling aman mendapatkan tubuh ideal, diet dan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com