Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Alat Fitnes Murah di Rumah

Kompas.com - 26/09/2010, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Tak bisa ke gym bukan menjadi kendala untuk tetap berolahraga. Anda pun tak harus membeli perangkat olahraga yang mahal lalu membuat Anda menyesalinya karena jarang menggunakannya. Berinvestasi untuk kesehatan bisa dilakukan dengan membeli pilihan alat gym yang terjangkau kantong Anda.

Stability ball
Bola untuk melatih stabilitas fisik atau dikenal juga Swiss ball ini masih terjangkau harganya. Jika pun belum ada anggaran untuk membelinya, Anda masih bisa menggantikannya dengan bangku yang kokoh di rumah. Berlatih di atas stability ball akan menyeimbangkan kerja otot perut Anda. Ini efektif untuk memperkuat tubuh bagian tengah Anda, yaitu perut dan punggung bawah. Stability ball juga bisa melatih punggung dan otot paha, serta betis. Caranya sandarkan punggung pada stability ball yang di letakkan di dinding, lalu Anda bergerak naik turun dengan menurunkan bokong hingga sejajar dengan lutut.

Dumbbell
Rasanya alat untuk melatih kekuatan otot ini wajib dimiliki penggemar olahraga. Cara penggunaannya mudah, praktis dibawa atau diletakkan di sudut rumah. Harga dan modelnya pun bervariasi. Anda bisa memilih sesuai anggaran yang dimiliki.  

Resistance bands
Karet dengan pegangan yang bisa meregang ini tersedia dalam berbagai ukuran, lebar, dan level resistensi yang Anda butuhkan. Gunakan karet berukuran besar untuk gerakan squat yang lebih menantang. Atau beli saja ukuran yang lebih kecil untuk melatih paha bagian dalam.

Medicine ball
Bola ini berukuran lebih kecil dari bola basket. Model, berat, dan daya pantulnya juga beragam. Banyak cara dalam memanfaatkan bola ini, untuk melatih tubuh bagian atas atau melatih kekuatan tubuh. Biasanya bola ini digunakan dengan cara kedua tangan memegang bola lalu dengan tangan lurus bola digerakkan ke samping bawah dan samping atas. Anda bisa mengenali ragam model medicine ball dengan mengakses www.performbetter.com.

Bosu Balance Trainer
Modelnya seperti stability ball, hanya saja bentuknya setengah darinya. Fungsi alat ini adalah untuk melatih keseimbangan tubuh. Cukup meletakkannya di lantai, lalu Anda berdiri di atasnya melakukan berbagai gerakan untuk melatih keseimbangan atau kekuatan otot. Anda bisa melakukan push up dengan bantuan alat ini.

Matras
Yang satu ini juga wajib dimiliki, terutama jika Anda penggemar Yoga atau Pilates. Matras juga tersedia dengan ragam pilihan model dan warna, tentu untuk fungsi yang sama.

Weighed Gloves
Selain dumbbell ada alat lain yang memfasilitasi Anda melakukan latihan beban. Pemberat di pergelangan tangan dan pemberat di pergelangan kaki, misalnya. Pemberat di pergelangan kaki dan tangan biasanya digunakan dalam latihan kekuatan saat fitnes, untuk menambahkan daya tahan sekaligus meningkatkan pembakaran kalori. Jadi jika ingin memiliki tangan dan kaki gunakan saja pemberat ini.

Jump Rope
Lompat tali adalah salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Tak perlu menguras kantong Anda untuk membeli alat olahraga yang satu ini bukan?

Punching Bag
Bukan hanya petinju yang bisa memiliki alat ini, Anda pun bisa. Bagi penggemar olahraga boxing, investasi alat ini bisa membantu mengasah kemampuan Anda di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com