Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Anak Indonesia Usung Tema Air

Kompas.com - 04/10/2010, 00:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Konferensi Anak Indonesia 2010 yang akan diselenggarakan di Jakarta, 7-12 November 2010, dengan mengusung tema "Aku dan Air Bersih".

Menurut J Ernawati dari bagian Kurikulum Konferensi Anak Indonesia 2010 kepada ANTARA di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, konferensi tersebut diikuti delegasi anak-anak dari berbagai provinsi serta berbagai latar belakang ekonomi dan sosial budaya di Indonesia.

Ia menjelaskan, delegasi dipilih melalui sayembara karya tulis yang menceritakan pengalaman anak-anak Indonesia memperoleh air bersih di tempat tinggalnya.

Selama masa konferensi, delegasi Konferensi Anak Indonesia akan mendapatkan pembekalan dari para ilmuwan, ahli pedagogi, serta melakukan eksplorasi lapangan di lembaga pusat penelitian kehutanan antarbangsa (CIFOR) di Bogor.

Dalam rangkaian konferensi tersebut, kata dia, pada tanggal 11 November 2010, bertempat di Balai Sudirman, di Jakarta delegasi Konferensi Anak Indonesia 2010 akan berdiskusi bersama para ilmuwan, menteri terkait, dan pelaku industri untuk menghasilkan sebuah deklarasi yang akan diserahkan kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Menurut dia, Konferensi Anak Indonesia 2010 yang bertema "Aku dan Air Bersih" adalah usaha melibatkan anak-anak dalam mencari solusi bagi masalah hubungan air dan manusia di masa sekarang dan masa depan.

Melalui Konferensi Anak Indonesia 2010, katanya, diharapkan terjadi mobilitas psikologis di generasi anak-anak Indonesia yang diperlukan untuk menciptakan sikap perilaku yang bijaksana dalam memanfaatkan air untuk kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya, serta menjaga ketersediaan air yang lebih baik di masa sekarang dan masa depan.

Berkaitan dengan misi Konferensi Anak Indonesia 2010 tersebut, Konferensi Anak Indonesia 2010 menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki kepedulian, kompetensi, serta dedikasi dalam memperbaiki masalah hubungan manusia dan air.

Para pihak itu adalah Majalah Anak Bobo, telah merintis berbagai wadah edukasi anak-anak yang penuh dengan kegembiraan, kejujuran, dan ketelitian untuk menularkan tradisi ideal kemanusiaan kepada anak-anak Indonesia.

Salah satu wadah yang telah diciptakan untuk menularkan tradisi ideal kemanusian tersebut adalah Konferensi Anak Indonesia. Konferensi Anak Indonesia merupakan wujud transformasi Konferensi Anak Bobo yang telah berlangsung selama 10 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com