Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Olahraga Fisik atau Permainan?

Kompas.com - 07/10/2010, 11:51 WIB

KOMPAS.com - Nge-gym memang sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan ini. Namun jika dana Anda terbatas (dan Anda tidak cukup termotivasi untuk datang secara rutin), untuk apa memaksakan diri?

Memotivasi diri untuk rutin berolahraga memang bukan pekerjaan gampang. Namun kunci untuk tetap berpegang pada rencana latihan bukanlah mencari waktu yang pas di tengah kesibukan Anda. Menurut Michael Bracko, EdD, ahli fisiologi olahraga dari Canada, kuncinya adalah menemukan olahraga yang Anda sukai dan membuat Anda ingin selalu melakukannya. Setidaknya, ada empat jenis olahraga yang bisa Anda pilih sesuatu minat dan kepribadian Anda, dan tetap membuat Anda bugar, sehat, dan langsing.

Olahraga fungsional. Apa yang Anda lakukan, harus memberi manfaat lain selain kesehatan. Contohnya, berkebun, main golf, mengajak anjing jalan-jalan, membersihkan rumah, mencuci dan menyetrika. Aktivitas ini cocok untuk orang yang baru memulai rencana berolahraga, atau untuk orang dewasa yang ingin tetap aktif. 

"Anda tentu tidak akan berkebun selama 15 menit," kata Bracko. "Berkebun itu bisa dua jam. Itu membutuhkan banyak aktivitas, jongkok, berdiri, jongkok lagi. Gerakannya banyak."

Latihan seperti ini juga baik untuk orang-orang lanjut usia karena membantu melakukan kehidupan sehari-hari, seperti mengambil barang yang jauh di atas lemari. Anda bisa menemukan sendiri olahraga fungsional yang bisa Anda lakukan setiap hari. Setidaknya, lakukan 30 menit setiap hari. Bila bisa lebih lama, tentu lebih baik.

Olahraga kesehatan. Yang masuk dalam kategori ini antara lain yoga, tai chi, bahkan berjalan kaki. Masing-masing dari olahraga ini membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Seringkali, orang melakukan jenis olahraga ini karena mendapat informasi mengenai kondisi kesehatan tertentu dari dokter, dan harus diperbaiki. Misalnya, overweight atau tekanan darah tinggi, sehingga perlu olahraga lebih sering.

"Latihan-latihan ini baik untuk orang yang menyadari bahwa mereka ingin berolahraga, tapi tidak terlalu suka latihan yang intensitasnya tinggi," ungkap Bracko.

Bentuk latihan-latihan semacam ini relatif mudah dilakukan. Anda akan cukup berkeringat, tetapi tidak sampai basah kuyup. Gerakan-gerakan dalam latihan ini cocok dilakukan untuk semua usia, dan yang penting, tetap mampu membakar kalori.

Olahraga fisik. Fitnes termasuk dalam kategori ini. Olahraga ini memadukan berbagai latihan yang kerap dianggap sebagai "olahraga" sesungguhnya. Di dalamnya ada kombinasi latihan daya tahan, latihan peregangan, dan latihan kekuatan. Ada sesi kardio yang melatih kekuatan jantung, sedikit angkat beban, diikuti dengan latihan peregangan yang membuat tubuh Anda lentur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com