Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Jitu Menghemat Waktu

Kompas.com - 30/10/2010, 12:06 WIB

KOMPAS.com - Manajemen waktu yang baik membantu Anda menyelesaikan rutinitas lebih efisien. Tak ada lagi pekerjaan yang tertinggal lantaran Anda kehabisan waktu dalam sehari. Sejumlah kegiatan berikut bisa diperpendek waktunya, sehingga Anda lebih banyak memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain. Misalnya, bersantai bersama anak dan suami.

Mengeringkan rambut lebih cepat
Sebagian dari Anda begitu bergantung dengan pengering rambut. Bagi pemilik rambut tebal dan panjang, pengering rambut menjadi senjata ampuh. Pilihlah alat pengering rambut yang efektif mengeringkan rambut Anda. Untuk menghemat waktu saat mengeringkan rambut, gunakan juga sisir berukuran besar dan bulat (bagi rambut lurus), atau sisir berjarak renggang untuk rambut keriting.

Jika rambut Anda tak terlalu tebal atau pendek, gunakan saja handuk khusus pengering rambut. Bungkus rambut basah dengan handuk dan biarkan kering alami. Anda juga bisa menjalani aktivitas lain seperti memakai busana atau sarapan sambil menunggu rambut kering.

Dengan menjalani cara ini, Anda menghemat waktu 50 menit dalam seminggu.

Tinggalkan ritual kecantikan yang tak penting
Di pagi hari, berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk merias wajah? Semua produk kecantikan yang Anda miliki tak perlu diaplikasikan setiap pagi.

Penggunaan toner tak perlu dilakukan setiap saat. Fungsi toner adalah untuk melembabkan kulit wajah sehingga moisturizer lebih teresap kulit. Namun, sebenarnya, usai mencuci wajah, sisa air yang menempel juga berfungsi sebagai toner.

Lalu, Anda juga tak perlu mengaplikasikan eye cream di pagi hari. Waktu paling tepat menggunakaan eye cream adalah menjelang tidur. Gunakan saja lotion dengan SPF untuk melapisi kulit wajah guna melindunginya dari sengatan sinar matahari.

Dengan melakukan pengurangan aktivitas, Anda hemat waktu 15 menit setiap minggu.

Merias wajah lebih cepat
Pilihlah produk kecantikan yang lebih mudah diaplikasikan atau bersifat multiguna. Misalnya, gunakan foundation wajah yang juga berfungsi sebagai concealer. Bagaimanapun, keterampilan tangan Anda juga memengaruhi waktu ketika mengaplikasikan make-up. Semakin terlatih mengaplikasikan make-up, waktu menjadi lebih efisien. Anda bisa menghemat waktu 25 menit setiap minggu.

Sarapan praktis namun sehat
Rutinitas pagi hari kerapkali menyebabkan satu kewajiban terlewati, yakni sarapan. Apapun kondisinya, jangan pernah melewati sarapan. Anda tentu sering mendengar manfaat sarapan, mulai sebagai penambah energi hingga cara paling alami untuk menurunkan berat badan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com