Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batasan Pertemanan Beda Jenis Kelamin

Kompas.com - 30/10/2010, 17:58 WIB

KOMPAS.com - Berteman berbeda jenis kelamin itu bisa saja terjadi tanpa harus melibatkan perasaan. Berikut batasan yang perlu dijaga di antara keduanya menurut Erna Marina Kusuma, M.Psi, psikolog dari Klinik Gading Utama:

* Tidak ada kontak fisik mendalam

Batasi kontak fisik Anda dengan sahabat. Bersalaman masih bisa ditoleransi, tapi mungkin bergandengan tangan sudah tidak perlu lagi. Apalagi berpelukan atau berciuman. Mungkin Anda dulu terbiasa dan merasa itu adalah hal wajar. Namun Anda harus mempertimbangkan perasaan pasangan Anda dan pasangan sahabatnya. Anda juga perlu memerhatikan pandangan keluarga besar dan masyarakat.

* Batasi pembicaraan

Jaga kerahasiaan informasi keluarga dan batasi pembicaraan persoalan pribadi Anda dengan suami. Topik pembicaraan yang juga harus dihindari adalah hal yang berkaitan dengan seks. Hal ini dapat memicu hal-hal yang tak diinginkan. Dua orang dewasa yang berbeda bisa saling tertarik secara seksual bila situasi dan kondisinya mendukung.

* Mempertimbangkan sopansantun

Batasi persahabatan Anda sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat. Jangan pernah memberlakukan standar pribadi. Bila respons masyarakat negatif, Anda perlu memperbaiki hubungan persahabatan Anda.

(Emy Agustia/Majalah Sekar)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com