Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencukur Rambut Kaki Bikin Tebal dan Kasar, Benarkah?

Kompas.com - 04/11/2010, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Sebagian wanita percaya mitos yang mengatakan bahwa mencukur rambut yang tumbuh di kaki akan membuatnya tumbuh lebih tebal dan lebat. Benarkah seperti itu? Berikut adalah penjelasan dari Ron Davis, MD, profesor dermatologi di Tulane University School of Medicine, New Orleans.

"Memang banyak yang percaya akan mitos tersebut. Namun, percaya atau tidak, hal itu tidak benar," jelas Davis.

Untuk diketahui, folikel rambut kita berada di bagian dalam kulit. Apa pun yang kita lakukan pada bagian atas kulit yang bisa mengubah diameter atau jumlah folikel rambutnya, termasuk aktivitas mencukur rambut pada kaki.

Namun, mencukur rambut pada kaki memang bisa memengaruhi tekstur rambut yang tumbuh di kaki. "Saat Anda mencukur, Anda membabat ujung batang yang berada di atas kulit kaki, alhasil hal ini akan menciptakan ujung patahan yang jelas dan tegas," jelasnya lagi. Hal ini menyebabkan rambut terasa kasar dan tebal saat Anda mengelus bagian tersebut.

Sebaliknya, saat Anda melakukan proses waxing atau depilatory, rambut akan terasa lebih lembut saat tumbuh karena tidak memiliki ujung yang kaku atau tegas tadi. Rambut yang tumbuh akan terlihat lebih gelap karena belum terkena paparan radikal bebas maupun sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com