Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Kepribadian Berolahraga Anda?

Kompas.com - 04/11/2010, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Menemukan waktu untuk yang tepat untuk berolahraga bisa jadi hal yang cukup sulit. Namun, menurut Michael Bracko, EdD, psikolog olahraga di Kanada mengatakan bahwa memiliki waktu saja bukan hal yang membuat seseorang mau berolahraga rutin. Tetapi mencari kegiatan yang Anda nikmatilah yang bisa memotivasi Anda.

"Hampir semua pusat kebugaran dan organisasi kesehatan memiliki semacam panduan untuk menyatakan atau memposisikan apa yang menurut mereka jumlah waktu yang cukup untuk berolahraga, namun, banyak waktu, hal itu justru membuat orang malas," jelas Bracko. Kebanyakan orang mengasosiasikan waktu untuk berolahraga dengan aktivitas berkeringat selama 30 menit berlari atau 45 menit angkat beban. Padahal, berolahraga bisa pula berkaitan dengan aktivitas menyenangkan yang meningkatkan detak jantung. Anda tak perlu pula melakukannya dalam satu sesi sekaligus. Studi mengatakan, bahwa Anda membakar jumlah kalori yang sama, atau bahkan lebih jika Anda membagi olahraga dalam beberapa sesi yang terdiri dari 10-15 menit. Tergantung seberapa banyak kalori yang Anda bakar dan manfaat yang sama tergantung cara Anda membakar kalori tersebut.

Bracko mengatakan, ada 4 tipe fitness dan menemukan yang paling tepat dengan kepribadian Anda serta ketertarikan Anda adalah kunci untuk tetap sehat, fit, dan menurunkan berat badan.

1. Kegiatan Fungsional
Berkebun, main golf, mengajak anjing jalan-jalan, membersihkan rumah, menyapu halaman, dan main boling adalah beberapa "aktivitas fungsional" yang membakar kalori. Kegiatan semacam ini amat baik dilakukan untuk mereka yang baru mau memulai rencana untuk tetap aktif. "Jangan hanya berkebun selama 15 menit, tetapi lakukan setidaknya 2 jam per hari. Ada banyak latihan saat berkebun, Anda akan banyak berjongkok, berdiri, dan membungkuk dalam waktu lama. Itu adalah pergerakan yang cukup banyak," jelasnya. Cobalah cari aktivitas fungsional untuk dilakukan dalam seminggu, Anda akan dengan mudah melakukan hal tersebut selama 30 menit per hari.

2. Kegiatan kesehatan
Yang termasuk dalam kategori ini antara lain; yoga, tai chi, bahkan berjalan kaki, yang kesemuanya bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Seringkali, banyak orang baru mulai berolahraga setelah divonis oleh dokternya harus mulai berolahraga, seperti masalah tekanan darah tinggi dan obesitas. Kegiatan ini sangat baik untuk orang yang menyadari bahwa mereka harus mulai berolahraga tetapi tidak suka kegiatan olahraga berintensitas tinggi. Aktivitas olahraga ini cenderung mudah dan tak mengharuskan Anda untuk banyak berkeringat. namun, akan membutuhkan banyak gerakan, baik untuk semua usia, dan membakar kalori.

3. Aktivitas fisik berat
Ini tipe orang yang sangat suka ke gym. Kegiatan yang masuk dalam kategori ini adalah orang yang suka dengan segala alat-alat di gym, seperti angkat beban, latihan fleksibilitas, dan alat kardio. Ini adalah tipe yang suka melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Mereka adalah tipe orang yang termotivasi untuk berolahraga karena ini membuat mereka merasa lebih kuat, dan mereka menyadari bahwa olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental mereka.

4. Kegiatan rekreasional
Mereka yang sudah berfokus pada kegiatan olahraga tertentu akan menyukai kegiatan fisik rekreasional. Contohnya, Anda menyaksikan anak Anda berenang dan mencoba berlomba renang dengannya. Atau Anda melihat cuaca cukup bersahabat dan memutuskan untuk main tenis. Orang yang masuk dalam kategori ini tak perlu pengalaman berolahraga, mereka hanya akan bergerak karena ketertarikan dan motivasi untuk belajar.

Setelah Anda menentukan kepribadian mana yang tepat dengan karakter Anda, akan lebih mudah untuk menambahkan waktu olahraga yang tadinya hanya 30 menit per hari menjadi 60 menit per hari. Yang terpenting, lakukanlah dengan hati senang. Keluarlah, bergeraklah, bermainlah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com