Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edukasi tentang Dehidrasi ala Ionopolis

Kompas.com - 12/11/2010, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda penyebab dehidrasi? Apapun aktivitas yang dilakukan setiap hari, di rumah atau di kantor, membuat tubuh kehilangan cairan. Tubuh kehilangan cairan melalui pernafasan, urin, penguapan melalui kulit, bahkan saat Anda sedang tidur. Cairan tubuh tak hanya mudah hilang usai olahraga, tetapi juga saat Anda bekerja dalam ruangan ber-AC. Lantas apa akibatnya jika tubuh kehilangan banyak cairan setiap harinya?

Edukasi seputar dehidrasi bisa Anda dapat dari mana saja. Tetapi pernahkah terpikir sebelumnya, bahwa Anda bisa mengedukasi diri dengan gim melalui jejaring sosial? Dengan berinteraksi di dalamnya, Anda bahkan berkesempatan memenangkan hadiah ke Jepang sebagai penghargaan atas upaya Anda mencari informasi seputar cairan tubuh dan gaya hidup sehat.

Inovasi edukasi yang kreatif inilah yang ditangkap jeli oleh Pocari Sweat. Produk minuman isotonik pengganti cairan tubuh ini resmi meluncurkan Ionopolis, gim jejaring sosial terpadu pertama di Indonesia. Ionopolis berhasil menarik perhatian 26.000 gamers dalam dua minggu sejak diperkenalkan pertama kali 25 Oktober lalu. Format gim yang unik dan kreatif dengan medium komik melalui media digital, nyatanya berhasil memancing animo publik untuk mendapatkan edukasi seputar kesehatan tubuh.

"Digital marketing memberikan kesempatan berinteraksi lebih dekat dengan konsumen, melalui cara yang fun, baru, dan menarik," papar R Suhendar, Produk Marketing Manager Pocari Sweat, saat peluncuran gim Ionopolis di Emax, Plasa Semanggi, Jakarta, Kamis (11/11/2010) lalu.

Suhendar menambahkan media digital adalah channel marketing yang lebih tepat untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Bahkan, lanjutnya, media digital seperti Twitter atau Facebook mampu menarik animo publik lebih efektif dibandingkan televisi atau radio. Inilah sebabnya, pihaknya konsisten melahirkan inovasi kreatif yang selalu memanfaatkan jejaring sosial.

Inovasi gim yang diklaim user friendly ini semakin memanjakan gamers Indonesia. Yakni dengan ditawarkannya hadiah, yakni iPod shuffle untuk tiga orang setiap minggunya. Belum lagi, hadiah berupa iPod Nano dan voucher Gramedia senilai Rp 1.000.000 untuk 10 finalis yang berhasil memenangkan voting dan penilaian juri dalam membuat komik melalui gim Ionopolis. Lebih menggiurkan lagi adalah hadiah paket liburan ke Jepang untuk dua pemenang (dari 10 finalis) yang berhasil memenangkan tantangan kreativitas seperti membuat video kreasi dengan memanfaatkan produk Pocari Sweat. Rencananya, pemenang hadiah ke Jepang akan diumumkan pada Februari 2011.

Siapapun Anda, berkesempatan mendapatkan salah satu hadiah ini. Syaratnya kumpulkan poin sebanyak-banyaknya melalui gim online yang terintegasi melalui Twitter, Facebook, dan Foursquare. Caranya, akses saja www.pocarisweat.co.id/ionopolis.

Sejumlah tantangan perlu Anda pecahkan untuk mendapatkan poin melalui Foursquare yang hanya bisa diakses melalui ponsel, update status di Facebook dan Twitter. Serta, yang paling edukatif adalah menjawab trivia quiz di Ionopolis yang berisi seputar gaya hidup sehat.

"Jawaban dari berbagai pertanyaan di trivia quiz ini bisa didapatkan dengan mengakses website Pocari Sweat. Melalui website inilah, berbagai informasi seputar dehidrasi yang sifatnya edukatif bisa didapatkan. Inilah sisi edukatif yang menjadi tujuan diciptakannya gim ini," papar Suhendar yang mengaku jumlah pengunjung website yang berisi edukasi dehidrasi semakin meningkat dengan bantuan Ionopolis.

Alhasil, melalui Ionopolis ini, penikmat Pocari Sweat yang berada pada segmen 18-25 tahun semakin bergeser dan bahkan bertambah. Mereka yang berusia belia pun teredukasi mengenai dehidrasi dan minuman isotonik sebagai salah satu penangkalnya. Sebabnya, gamers yang tergabung dalam komunitas Ionopolis kebanyakan adalah anak muda bahkan usia belia.

"Pocari Sweat aman dikonsumsi anak di atas usia satu tahun," Suhendar menegaskan sebagai respons atas semakin dikenalnya produk minuman isotonik melalui gim online yang disukai anak-anak.

Memancing kreativitas

Selain meningkatkan kepedulian akan kesehatan, dalam hal ini seputar dehidrasi, Ionopolis juga dinilai sebagai pemicu kreativitas anak muda.

Raditya Dika, penulis blog, yang terpancing memasuki komunitas gamers Ionopolis, melihat inovasi ini sebagai wadah anak muda untuk berkreasi.

"Komikus lokal punya tempat dengan adanya inovasi gim online dengan format komik ini, inilah manfaat yang juga menonjol dari Ionopolis," paparnya, diamini Suhendar yang mengaku melibatkan komikus lokal dalam merancang Ionopolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com