Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaun Kate Middleton Ditaksir Rp 1,4 Miliar!

Kompas.com - 25/11/2010, 15:12 WIB

KOMPAS.com — Kali pertama Kate Middleton menarik perhatian Pangeran William adalah ketika ia tampil dalam peragaan busana untuk amal di kampusnya, St Andrews University, delapan tahun lalu. William bahkan dikabarkan rela merogoh 250 poundsterling (sekitar Rp 3,5 juta) dari kantongnya untuk bisa meraih kursi terdepan. Kate (saat itu baru 19 tahun) hanya mengenakan gaun tembus pandang yang menampakkan bikini hitam di dalamnya.

Gaun kemban sheer itu dulu harganya hanya 30 poundsterling (sekitar Rp 423.000). Namun, menurut desainernya, Charlotte Todd, harga gaun itu telah meningkat menjadi 100.000 poundsterling (Rp 1,4 miliar) sejak pasangan itu mengumumkan pertunangannya! Menurut sebuah rumah lelang, harga itu masih bisa meningkat 10 kali lipat jika nanti Kate menjadi ratu Inggris.

Christine Satchett dari rumah lelang Greasbys di London Selatan mengatakan, ”Dengan benda penting dari kerajaan seperti ini, orang yang mempunyai uang akan terus menawarnya. Saya memperkirakan, Kate bisa membuat seseorang membayar 10.000 poundsterling (Rp 141 juta) saat ini. Namun, dalam tahun-tahun mendatang, jika Kate mendapatkan gelar ratu, harga gaunnya bisa meningkat jadi 100.000 dollar AS. Harga itu sama dengan harga baju-baju Putri Diana.”

Meskipun busana rancangannya ditaksir begitu mahal, Todd terkesan enggan melepasnya. “Gaun itu merupakan bagian dari sejarah fashion, yaitu momen ketika kali pertama William jatuh cinta dengan Kate, dan itu membuatku sangat bangga,” tutur desainer berusia 31 tahun ini.

Jika gaun itu tidak transparan, lanjut Todd, maka William mungkin tidak akan memerhatikan Kate. “Aku yakin sekali hal itu memainkan peran dalam kisah cinta keluarga kerajaan. Ia (Kate) tampak gemerlap, dan menurutku ia bisa menjadi style icon seperti halnya Putri Diana.”

Satu-satunya orang yang akan menerima gaun itu (jika Todd melepasnya) tak lain adalah Kate sendiri. Mungkin itu bisa jadi penukar untuk undangan pernikahan. “Tentu saja, aku akan bangga kalau juga bisa mendesain gaun pengantinnya,” harap Todd.

Todd membuat gaun hitam dan emas itu ketika masih belajar fashion dan tekstil di University of the West of England, tahun 2000. Butuh waktu seminggu untuk merajut bahan sutra itu dan menambahkan pita biru untuk sebuah proyek yang disebutnya “seni merayu” itu.

Baru dua tahun kemudian, St Andrews University meminta gaun itu untuk peragaan busana untuk penggalangan dana. Setelah show berakhir, Todd membungkus kembali gaun itu dan menyimpannya di bagian belakang lemari pakaian ibunya.

Sekadar info, Kate dan William akan menikah 29 April 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com