Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Bidan Jalani Seleksi Srikandi Award

Kompas.com - 20/12/2010, 14:16 WIB

Jakarta, Kompas.com - Sembilan orang bidan yang telah menjalankan program Pos Bhakti Bidan hari ini menjalani penjurian akhir Srikandi Award 2010. Tiga bidan terbaik akan diumumkan pada malam penganugerahan Selasa (21/12) malam di Balai Kartini, Jakarta.

Srikandi Award adalah program pembinaan dan penghargaan terhadap bidan yang telah menjalankan program kesehatan yang berguna untuk memajukan kesehatan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Acara ini merupakan kerjasama PT Sari Husada dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Tahap seleksi bidan terbaik ini melalui berbagai tahapan, mulai dari pengajuan proposal, mentoring, monitoring dan evaluasi program. Setiap program harus memenuhi tiga kategori, yakni menurunkan angka status gizi buruk (MDGs 1), menurunkan angka kematian anak (MDGs 4), serta meningkatkan kualitas kesehatan ibu (MDGs 5).

Pada penyelenggaraan tahun kedua ini, Sari Husada meloloskan 200 program dari 500 proposal yang masuk. "Program yang kami anggap pantas mendapat pembiayaan harus melibatkan kerjasama masyarakat serta berpotensi dilakukan di tempat lain karena diharapkan program ini berkelanjutan meski sudah tidak mendapatkan dana lagi," kata Yeni Fatmawati, corporate affairs director Sari Husada.

Nantinya bidan yang mendapatkan Srikandi Awards akan mendapatkan dana untuk melanjutkan kegiatannya. Selain itu akan diberikan pula penghargaan bagi tiga bidan inspirasional yang dianggap melakukan karya luar biasa.

Dewan juri acara ini terdiri dari dr.Kartono Muhammad (mantan Ketua IDI), dr.Abidinsyah Siregar (Kementrian Kesehatan), Ninuk Pambudi (editor senior harian Kompas), Harni Koesno (Ketua Umum IBI), dan Setia Edi (BKKBN Pusat).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com