Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Buku Resep Memasak

Kompas.com - 28/12/2010, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Anda bingung memilih buku resep memasak yang melimpah di pasaran? Meski setiap buku sepertinya terlihat serupa. Menjual resep aneka makanan, lengkap dengan foto yang memancing selera. Agar merasa lebih puas dan tak menyesal memilih buku resep, simak triknya:

1. Resep plus teknik
Buku resep yang lengkap berisi resep, cara memasak dan teknik memasak yang baik. Jika Anda menemukan semua hal ini, satu poin terpenuhi.

2. Praktis
Pilih buku resep yang mudah dipahami oleh Anda. Mulai bahasanya yang sederhana, hingga resep yang praktis dengan bahan masakan yang mudah ditemui, metode yang mudah dan tak butuh waktu lama untuk memasaknya. Tentu saja, pilihan kepraktisan ini tergantung dari kebutuhan Anda. Untuk memasak hidangan keluarga yang praktis atau untuk keperluan lain. Buku resep yang praktis juga memuat indeks resep. Indeks ini memudahkan Anda mencari resep yang digemari saat akan memasak hidangan.

3. Sesuai selera
Pilih buku resep yang berisi masakan yang digemari atau setidaknya tidak asing. Bacalah resep masakan yang dituliskan dalam buku, apakah kombinasi rasa masih bisa diterima lidah Anda dan keluarga. Jika tidak, percuma saja membeli buku resep jika Anda tak pernah menggunakannya.

4. Hidangan menyehatkan
Pilih buku resep yang memuat informasi nutrisi dari setiap masakan. Dengan begitu Anda bisa menakar asupan kalori, lemak, serat yang terkandung dalam setiap resep. Makanan sehat juga bisa dilihat dari bahan makanan. Cermati lagi, apakah bahan makanan yang tertulis dalam resep didominasi bahan makanan segar atau tidak. Pilihan ini tentunya kembali kepada selera dan kebutuhan Anda. Meski, rasanya setiap orang tentunya menginginkan makanan sehat yang tersaji di rumah.

5. Berkualitas
Kualitas buku resep bukan hanya terlihat dari sampul saja. Anda juga perlu mencermari penulis buku atau penerbitnya. Jika penulisnya adalah pakar nutrisi atau memang ahli di bidang kuliner, tentu resep yang ditawarkan terjamin kualitasnya.

6. Bonus
Bonus bukan sekadar berupa gimmik yang tak ada kaitannya dengan resep atau kuliner. Bonus informasi tambahan seperti teknik menggunakan alat masak juga bisa menjadi pertimbangan memilih buku resep. Begitu juga dengan buku resep yang memuat informasi kesehatan. Seperti makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi penderita penyakit jantung atau diabetes. Tentu saja bonus informasi ini membantu Anda menyajikan makanan sehat tepat untuk keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com