Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Berhemat dan Menambah Aset

Kompas.com - 29/12/2010, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Terbukti perempuan yang berhasil mengubah kebiasaan sehari-hari, dengan melakukan penghematan, mampu menambah aset dan memperbaiki keuangannya. Perempuan juga mampu menambah aset dan berinvestasi dengan kecerdikannya berhemat dan mengelola uang.

Pengeluaran apa saja yang bisa dipangkas untuk membantu Anda berhemat bahkan menambah kas di rumah? Anda boleh mencontoh sebuah survey yang diadakan Majalah MORE Indonesia terhadap 50 perempuan berusia 35 tahun ke atas. Anda akan takjub jika berhasil menjalankannya, karena mampu menyelamatkan uang hingga Rp 4 juta per tahun atau Rp300.000-500.000 per bulan. Uang hasil penghematan ini bisa Anda alokasikan untuk berinvestasi agar ekonomi keluarga lebih sejahtera.

Berhenti merokok
Sebanyak 30 persen perempuan mengaku keluar dari kebiasaan merokok dan berhasil menghemat pengeluaran hingga empat juta per tahun.

Irit popok
Sebanyak 20 persen perempuan membocorkan rahasia berhematnya: irit diapers. Caranya, mereka mengajarkan anaknya, yang berusia dua tahun, untuk melakukan toilet training.

Hemat listrik
Sebanyak 20 persen perempuan berhasil memangkas pengeluaran listrik rumah mereka, hingga 15 persen setiap bulannya. Ganti barang elektronik di rumah dengan teknologi yang hemat energi. Selain juga, membangun kebiasaan disiplin diri seluruh anggota keluarga untuk menghemat energi. Mematikan televisi, komputer atau benda elektronik lainnya usai menggunakannya.

Batasi pengeluaran perbanyak tabungan

Menghemat pengeluaran juga akan membantu Anda meningkatkan tabungan atau cadangan dana. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan uang yang ada untuk meningkatkan nilainya. Caranya dengan berinvestasi.

Sebanyak 20 persen perempuan memilih untuk menyisihkan "tabungan" mereka untuk membeli apartemen mewah, kemudian disewakan. Sementara, 10 persen perempuan Indonesia memutuskan untuk membeli emas dan dolar setiap tahun. Harga emas dan nilai dolar yang terus naik, menambah harta mereka.

Pilih produk dalam negeri
"Saya mengganti produk kosmetik harian dengan produk dalam negeri yang kualitasnya sama. Bahannya pun sudah disesuaikan dengan kulit kita," papar Melly Alwy (45), pengusaha yang berhemat dengan cerdik memilih produk kecantikan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan cara ini, Melly menghemat hingga Rp 500.000 per bulan.

Bagaimana dengan cara yang Anda pilih atau sudah terbukti menghemat pengeluaran?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com