Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Memulas Lipstik Warna Gelap

Kompas.com - 05/01/2011, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Lipstik berwarna gelap ngetren lagi saat ini. Yang dimaksud warna gelap antara lain maroon, berry, coklat, atau burgundy, dan bukannya hitam seperti yang sering dipakai rocker bergaya gothic.

Agar lipstik gelap itu lebih menonjolkan fitur wajah Anda, makeup artist Napoleon Perdis membeberkan beberapa tips mengenai cara memulas yang pas.

Pilih warna yang tepat
Warna lipstik tidak selalu cocok untuk warna kulit tertentu. Menurut Perdis, pertama-tama Anda ahrus memilih warna dasar yang tepat, sehingga warna lipstik nantinya bisa menonjolkan warna kulit Anda, bukan menentangnya. Misalnya, kulit berwarna kuning langsat cocok untuk lipstik warna berry atau merah bata. Untuk kulit yang sawo matang bisa memilih warna yang lebih gelap, seperti burgundy atau marun. Sedangkan kulit yang cenderung gelap justru cocok mengenakan beragam warna gelap, dari warna anggur hingga coklat.

Yang perlu dilakukan:
"Kecuali Anda ingin membuat warna bibir yang dramatis, jaga agar warnanya mempertahankan fitur wajah, dan meminimalkan sisanya," kata Perdis. Untuk menegaskan bentuk wajah namun tidak terlihat menor, aturannya kira-kira seperti ini:

* Gunakan maskara secara tebal untuk membingkai mata. Bila Anda mengenakan eye shadow, pilih warna yang lebih ringan atau shimmer warna-warni yang ringan, yang tidak akan "tabrakan" dengan warna bibir Anda.

* Untuk memberi kontur pada pipi, sapukan blush on warna pink secara halus, sekadar untuk menciptakan kesan berseri.

* Beri garis pada bibir Anda dengan lip liner dalam warna yang serupa sebelum dan sesudah memulas lipstik. Tekstur pada pensil bibir itu akan mempertahankan warna pada tempatnya.

Yang perlu dihindari:
Agar bibir Anda tidak terlihat terlalu gelap sehingga kontras dengan kulit Anda, berikut yang harus Anda lakukan:

* Jangan mengaplikasikan lipstik warna gelap pada bibir yang pecah-pecah atau kering. Warnanya akan menempel di area yang kering, lalu retak, dan tidak enak dilihat. Bila bibir Anda pecah-pecah, pulas dulu lipbalm atau pelembab bibir. Biarkan sampai bibir Anda melunak.

* Jangan memberi kesan kilau untuk finishing-nya. Lipstik yang matte, cream, atau sedikit glossy boleh saja, tetapi hindari kesan yang terlalu berkilau. Kilau yang berlebihan cenderung akan berpindah lebih banyak ke bibir Anda setelah seharian. Namun jika bibir Anda tipis, Anda harus menambahkan kilauan halus di atas warna lipstik Anda, sebab warna matte membuat bibir terlihat lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com