Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahnya Peluang Bisnis dari Ibu Hamil dan Menyusui

Kompas.com - 07/01/2011, 12:11 WIB

KOMPAS.com — Semakin banyaknya ibu hamil yang bekerja, atau juga perempuan muda yang masih ingin tampil gaya saat hamil, membuka peluang yang tak ada habisnya. Anda hanya perlu jeli melihat kesempatan emas ini. Begitu pun dengan ibu menyusui, yang selalu menjadi inspirasi bisnis bagi perempuan.

Jika Anda mampir ke toko perlengkapan bayi, bukan hanya kebutuhan si kecil yang tersedia. Kebutuhan si ibu juga terpajang dengan berbagai pilihan. Produk ibu hamil tak sekadar untuk memenuhi kegemaran fashion agar tetap tampil cantik saat berbadan dua. Namun, berbagai produk ibu hamil juga memudahkan dan punya manfaat yang memang dibutuhkan ibu hamil atau ibu menyusui.

Pemilik usaha Milky Way, Jovita Roland (30), jeli melihat peluang dari perubahan pada ibu hamil atau menyusui, terutama di area payudara. Payudara yang membesar tentunya membutuhkan perlakuan berbeda. Salah satu produk Milky Way adalah sleeping bra, yang membuat ibu tetap nyaman saat sedang tidur.

Lain lagi dengan Lala Sirat (31) yang membangun bisnis nursing apron (celemek menyusui) Mamita sejak 2007. Ibu menyusui membutuhkan dukungan agar tetap konsisten memberikan ASI. Terutama bagi ibu bekerja atau ibu yang aktif. Kegiatan di luar ruang seharusnya tidak menjadi kendala bagi ibu menyusui. Karena dengan nursing apron yang cantik dan gaya, ibu bisa menyusui kapan saja dan di mana saja. Ibu tak lagi sungkan memberikan ASI untuk bayi di tempat umum sekalipun. Bukankah ini bentuk dukungan positif untuk ibu menyusui?

Kompas Female juga mendapatkan sejumlah celah bisnis dari ibu hamil melalui bisnis online. Ibu hamil tak perlu capek berbelanja di mal. Dengan kondisi fisik yang perlu dijaga ekstra, ibu hamil bisa berbelanja melalui komputer atau gadget lainnya sambil duduk santai di rumah. Sejumlah produk seperti celana dan baju hamil untuk ibu bekerja banyak peminatnya. Yang lebih laku adalah celana dalam untuk ibu hamil, seperti yang ditawarkan oleh salah satu butik online untuk ibu hamil dan menyusui. Produk pakaian dalam yang satu ini cepat sekali laris karena umumnya produk inilah yang dicari perempuan saat mengetahui dirinya hamil. Penyesuaian dengan bentuk tubuh yang mulai berubah menjadi alasan ibu hamil mulai berbelanja untuk kebutuhan dirinya.

Keinginan agar tetap tampil seksi juga menjadi alasan lain bumil. Seperti yang dialami Holy Setyowati (32) saat sedang hamil anak pertama 2006 lalu. Pengalamannya tinggal di Jepang memberikannya inspirasi bisnis busana ibu hamil. Jeans untuk bumil dipilihnya sebagai produk andalan. Ia melihat peluang bisnis tersebut sangat terbuka di Indonesia karena belum ada jeans bumil seperti yang ditemukannya di Jepang. Usaha ini pun membuahkan hasil. Tak hanya membangun kemandirian ekonomi, Holy juga terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Wirausaha BNI-Femina 2009 dengan label Yasashii Maternity Jeans.

Jeli melihat peluang menjadi kunci sukses para perempuan ini. Anda punya ide cemerlang lainnya untuk membangun kemandirian ekonomi melalui wirausaha?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com