Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Liburan di Alam Terbuka bersama Anak

Kompas.com - 11/01/2011, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Meski orangtua sibuk bekerja, sempatkan waktu berlibur bersama anak saat akhir pekan, tak harus menunggu musim liburan. Terutama liburan di alam terbuka, yang bikin anak sehat karena bebas beraktivitas dan berkeringat.

Liburan bareng anak menjadi agenda penting untuk menciptakan quality time. Namun Anda perlu memastikan fokus perhatian dan waktu Anda hanya untuk liburan dan tinggalkan pekerjaan sementara waktu saat sedang berlibur bersama keluarga.

"Meski agak sulit melepas ponsel dari genggaman, namun setidaknya tinggalkan sementara pekerjaan. Sekadar buka twitter tak apa lah, tetapi fokus perhatian tetap untuk keluarga," ungkap presenter Meisya Siregar saat ditemui usai peluncuran popok sekali pakai Mamy Poko Pants Extra Soft Fit Size "S", di Djakarta Theater, Senin (10/1/2011) lalu.

Menurut Meisya liburan, terutama di alam terbuka, juga diperlukan anak untuk menghirup udara segar yang sehat, sekaligus memberikan ruang untuk anak bermain dengan berbagai aktivitas fisik. Pantai di Bali masih menjadi pilihan Meisya untuk memberikan liburan di alam terbuka bersama anak-anak, selain liburan dengan konsep outbound di kawasan Ancol atau di Singapura.

Taman bermain area terbuka di tengah kota?
Taman bermain indoor ataupun outdoor di tengah kota yang nyaman dan menyegarkan bisa menjadi pilihan liburan bagi anak-anak. Namun Meisya mengakui, tak banyak taman bermain di tengah kota yang menyehatkan untuk anak-anak.

"Ada satu di kawasan Kemang, playground dengan berbagai permainan yang bikin anak aktif seperti flying fox," katanya menyebut Prefere Kemang sebagai tempat favoritnya bersama keluarga.

Minimnya ruang terbuka di Jakarta untuk dijadikan taman bermain bagi anak, memang menjadi kendala bagi orangtua. Belum lagi, udara kotor di pusat kota Jakarta yang membuat tak nyaman jika ingin berlibur di taman kota misalnya.

"Mungkin masih lebih sehat kawasan selatan, di sekitar rumah saya di Cinere barangkali. Lebih sehat dan nyaman untuk anak-anak dengan banyaknya pepohonan dan udara segar," kata Meisya.

Bagaimana dengan Anda? Punya tenpat favorit keluarga untuk berlibur di alam terbuka?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com