Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Foto "Travelling" yang Seru

Kompas.com - 14/01/2011, 14:45 WIB

KOMPAS.com Salah satu aktivitas wajib turis Indonesia saat travelling adalah foto-foto. Bahkan, jika Anda mengikuti paket wisata dari biro perjalanan, ada juga yang memasukkan acara foto-foto ini ke dalam jadwal kegiatan. Ini membuktikan bahwa foto saat jalan-jalan memang penting. Tidak hanya sebagai pembuktian diri bahwa kita sudah pernah menjajah daerah tersebut, tetapi juga untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman atau keluarga.

Foto saat travelling bahkan bisa lebih "berbicara" daripada tulisan perjalanan.

"Sebab, banyak orang yang ingin menceritakan, tetapi tidak bisa menulis. Maka, untuk bercerita, bisa lewat foto. Enggak harus menggunakan kamera canggih, kamera saku juga bisa. Yang penting foto itu bisa memberikan informasi," tutur Herman Harsoyo, fotografer majalah MORE Indonesia dalam acara bincang-bincang "Belajar Sehat dari Alam" yang diadakan Yayasan Lupus Indonesia, beberapa waktu lalu.

Ada sejumlah tips yang dibagikan Herman bila Anda ingin membuat foto perjalanan yang asyik.
1. Kenali kamera Anda. Cari tahu apa fitur-fiturnya, bagaimana cara menggunakannya, kemampuannya, bahkan daya tampung memorinya. Jangan sampai Anda gagal membuat foto hanya karena kartu memorinya sudah penuh.

2. Kenali taste Anda. "Anda bisa mencari referensi foto yang bagus dari majalah atau internet. Bagaimana sudut pengambilan gambarnya atau komposisinya," kata Herman. Jangan sampai antara foto yang satu dan yang lain berkesan sama.

3. Kenali tempat tujuan Anda. Ke mana Anda akan melakukan perjalanan? Cari dulu informasi mengenai tempat-tempat wisatanya, terutama lokasi yang bagus untuk difoto atau membuat foto, dan waktu pemotretan yang tepat.

4. Kenali kekuatan Anda. Ukur diri sendiri sebelum berangkat ke tempat tujuan untuk mengetahui kemampuan fisik Anda. Bila Anda merasa tidak kuat berjalan jauh (padahal wisata tersebut membutuhkan banyak jalan kaki), atau tidak kuat panas atau dingin, lebih baik tak usah berangkat.

Lalu, apa yang menjadi obyek foto Anda? Menurut Herman, standar foto perjalanan seharusnya meliputi hal-hal di bawah ini:
1. Lokasi atau landskap. Ini hal pertama yang ingin Anda tunjukkan pada teman-teman. Anda bisa membuat foto yang menggambarkan pemandangan laut dari jendela kamar hotel Anda, misalnya.
2. Orang-orang. Buatlah foto mengenai kumpulan atau kerumunan orang yang diambil secara candid, portrait, close-up, ataupun dari sisi human interest-nya. Contohnya, meriahnya dandanan kaum perempuan di Pulau Madura pada ajang karapan sapi.
3. Tradisi. Bagaimana kebiasaaan penduduk asli di suatu tempat pada jam-jam tertentu? Di Aceh, misalnya, sering ditemukan warung-warung kopi yang dipenuhi pengunjung yang sekadar ingin menikmati kopi dan ngobrol.
4. Makanan. Nah, bagaimana lagi cara menggambarkan nikmatnya hidangan khas suatu daerah tanpa merekam gambar piring-piring sajian yang dipenuhi aneka makanan yang terlihat creamy, panas, atau melimpah ruah? Makanan tertentu juga bisa difoto secara close-up untuk mengambil detailnya.
5. Transportasi. Ketika Anda sedang bepergian ke luar negeri, bandara akan memberikan obyek foto yang menyenangkan. Anda tidak hanya bisa merekam gambar-gambar pesawat yang sedang parkir, tetapi juga tingkah polah turis dari berbagai belahan dunia. Interior bandara dan potongan tiket atau boarding pass juga seru!
6. Hotel dan akomodasi. Ketika Anda akhirnya menginap di hotel paling terkenal di sebuah kota atau negara, jangan lupa untuk memotretnya luar dalam. Bagaimana bentuk bangunannya, pemandangan luarnya, serta interior kamarnya.
7. Foto kita sendiri. Ini yang paling penting karena hobi narsis tak boleh ditinggalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com