Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donna: Usia Anak Paling Enak Dibawa "Travelling"

Kompas.com - 17/01/2011, 12:05 WIB

KOMPAS.com — Memiliki dua putra dan satu lagi dalam kandungan tidak menghentikan hobi Donna Agnesia dan Darius Sinathrya untuk melancong. Keduanya sudah pernah pergi ke berbagai tempat di dunia bersama anak-anaknya. Dalam acara coaching clinic yang diadakan KidZania dan AirAsia pada Sabtu (15/1/2011) di Metropolitan Theater of KidZania, Pacific Place, Jakarta, Donna menuturkan pengalamannya sebagai seorang ibu yang mengajak anaknya bepergian dengan pesawat.

"Saya dan Darius sangat suka travelling. Sejak ada Lio (Lionel Nathan Sinathrya, putra pertama Donna, 4 tahun) dan Diego (putra keduanya, 2 tahun), saya jadi punya banyak pengalaman membawa anak bepergian dengan pesawat. Mulai dari anak masih bayi hingga sudah agak besar," ungkap Donna yang berada di panggung bersama Lio.

Donna bercerita, ia sudah pernah melakukan banyak perjalanan bersama anak-anaknya. Yang pertama, ia pergi ke Sydney, Australia, untuk merayakan Natal bersama keluarganya tahun 2007. Kala itu Lio masih berusia sekitar 6 bulan. Yang kedua, pergi ke Afrika Selatan untuk menonton Piala Dunia saat Lio berusia 3 tahun. Yang terakhir, ia pergi ke Swiss bersama kedua anaknya dan perjalanan ini memakan waktu sekitar 16 jam.

Jadi, bisa terbayang pengalaman yang sudah dilewati Donna mengenai perjalanan ke luar negeri menggunakan pesawat bersama anak-anak. Seusai coaching clinic, Donna menuturkan kepada Kompas Female bahwa segala pengalaman itu membuat Donna dan Darius menemukan "formula" usia terbaik untuk mengajak anak melancong menggunakan pesawat.

"Satu hal yang saya dan Darius sama-sama setuju, usia terbaik untuk mengajak anak jalan-jalan adalah di bawah 1 tahun atau di atas 3 tahun. Usia di antara itu akan merepotkan," kata Donna sambil mengenang pengalamannya. Menurut dia, untuk anak di bawah 1 tahun, si anak bisa dibuat tenang dengan diberi susu. Sementara anak di atas 3 tahun, Donna berpendapat, lebih mudah dibantu supaya tidak rewel.

"Untuk anak di bawah 1 tahun, saat mau take off atau landing bisa diberi susu supaya telinganya lebih nyaman. Sementara yang di atas 3 tahun sudah bisa dialihkan perhatiannya. Bisa kita ajak menguap, makan permen, atau bermain game saat bosan di pesawat. Tapi, kalau anak di usia antara itu, kan lagi belajar berjalan, tidak mau diam, jadi sering rewel," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com