Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aerobik Bikin Otak Tangkas

Kompas.com - 19/01/2011, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Keuntungan berolahraga dengan tipe aerobik sudah menjadi pembicaraan sejak lama. Tak heran hingga kini para ibu-ibu masih banyak yang melakukannya bersama teman-teman geng-nya. Selain membuat tubuh lebih sehat dan membantu aliran darah, aerobik juga membantu otak lebih tangkas.

Menurut studi yang tercatat di Archives of Neurology, melakukan aerobik bisa meningkatkan kemampuan kognitif, sehingga mencegah penuaan pada otak. Di usia mapan, kita akan mengalami masalah pada memori dan menemukan bahwa berpikir saja sudah membuat kita kelelahan. Beraktivitas fisik bisa memperlambat proses ini, bahkan memutarbalikkan. Studi juga mengatakan bahwa aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki perlahan, joging, dan renang, bisa membantu perkembangan masalah tadi.

Kepala riset ini, Laura Baker mengatakan bahwa aerobik merupakan salah satu cara efisien untuk para senior menjaga kemampuan berpikir mereka. Olahraga aerobik yang intensif untuk selama beberapa bulan bisa meningkatkan konsentrasi, perhatian, dan kemampuan untuk mengingat beberapa hal dalam waktu bersamaan. Mereka yang memiliki masalah kognitif ringan disarankan untuk menjaga kondisi dengan aerobik, dan studi juga mengatakan bahwa perempuan merespon lebih baik terhadap aerobik ketimbang laki-laki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com