Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Digemari dari Kedai Kopi

Kompas.com - 20/01/2011, 08:06 WIB

KOMPAS.com - Kedai kopi identik dengan tempat kumpul bareng teman, menikmati waktu senggang, atau membunuh waktu sambil menyeruput kopi atau teh, sambil menunggu jalan raya lebih lengang. Oleh sebab itu, banyak kedai kopi yang menawarkan kenyamanan agar pelanggan betah berlama-lama.

"Suasana yang nyaman, produk yang berkualitas, musik yang tenang, pelayanan yang ramah, penerangan yang cukup bikin pelanggan betah. Apalagi jika tersedia fasilitas free wifi," jelas Iwan Sulaiman, Business Manager PT Trans Coffee (pewaralaba The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia), kepada Kompas Female, Rabu (19/1/2011) lalu.

Bukan sekadar tempat ngemil
Kedai kopi yang nyaman dan berhasil menarik pelanggan, nyatanya juga bukan sekadar tempat makan makanan ringan. Umumnya kopi ditemani dengan muffin atau cake. Tetapi kini, kedai kopi juga memanfaatkan peluang lain.

Lantaran pelanggan senang berlama-lama, maka disediakanlah pilihan menu yang lebih mengenyangkan, seperti salad dengan irisan ayam atau salmon. Juga lasagna yang bisa menjadi pilihan makan siang. Bahkan menu sarapan seperti sandwich dan telur dadar juga tersedia. Berbagai makanan ini memang masih tepat disajikan bareng kopi, teh, atau cokelat panas. Jadi, jangan heran jika kedai kopi di gedung perkantoran sudah buka lebih pagi. Menu lengkap dan kenyamanan kedai kopi juga membuat titik kumpul ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Tempat rapat favorit
Kedai kopi juga banyak dipilih profesional untuk mengadakan pertemuan bisnis atau pekerjaan kantor. Lagi-lagi, akses internet dan kenyamanan, didukung oleh pilihan menu yang beragam membuat kedai kopi selalu menjadi pilihan tempat bertemu. Bersiaplah antri jika datang pada waktu tea time, karena biasanya kedai kopi dipenuhi pelanggan.

"Meski tea time belum menjadi kebiasaan, pelanggan cenderung ramai datang pada pukul 14.00 - 17.00," aku Swasti Atika, Marketing Manager PT Trans Coffee kepada Kompas Female.

Tea time memang belum menjadi gaya hidup, seperti halnya masyarakat di Vietnam, kata perempuan yang akrab disapa Tika ini. Karena itu juga lah, tak ada waktu pasti bagi konsumen Indonesia untuk kumpul bersama menikmati teh.

"Bahkan malam sekitar pukul 19.00 - 21.00, kedai kopi juga dipenuhi pelanggan. Banyak yang menikmati kopi atau teh saat menjelang malam," tambahnya.

Apakah Anda termasuk pengunjung setia kedai kopi? Hal apa yang paling Anda gemari dari kedai kopi? Boleh jadi jawaban Anda serupa dengan pengalaman Iwan dan Tika, dalam mengamati pelanggannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com