Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Saja Tak Bisa Melangsingkan

Kompas.com - 07/02/2011, 15:50 WIB

Kompas.com - Apakah olahraga merupakan elemen penting untuk mengurangi berat badan? Tentu saja. Namun, mengapa kebanyakan orang yang sudah rajin berolahraga tapi badannya tetap melar?

Orang yang rutin berolahraga terbukti cadangan lemaknya lebih sedikit dibanding orang yang malas bergerak. Ini terjadi karena aktivitas fisik akan membakar kalori. Misalnya satu jam berlari di atas treadmill akan memangkas 300-500 kalori. Jika dilakukan secara teratur, minimal 3 kali dalam seminggu, tentu berat badan ideal bisa tercapai.

Akan tetapi, olahraga saja tidak cukup. Anda juga perlu menjaga pola makan. "Anda tidak akan bisa langsing kalau cuma mengandalkan olahraga, apalagi jika pola makan Anda buruk. Yang perlu diingat, olahraga bukanlah jaminan untuk bisa makan semaunya," kata Dr.Timothy Church, direktur riset pencegahan dari Pennington Biomedical Research Center, Louisiana.

Hal senada diungkapkan Susan Robert, Ph.D, profesor nutrisi dari Tufts University. "Olahraga sampai berkeringat tidak akan menjamin Anda akan langsing jika pola makan Anda tidak dijaga," katanya.

Penelitian yang dilakukan The National Weight Control Registry, kelompok yang mengikuti bagaimana 6000 orang berhasil menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, menemukan bahwa para partisipan yang sukses langsing berolahraga sedikitnya 30 menit setiap hari. Bukan hanya itu, mereka juga mengombinasikannya dengan diet sehat.

Para ahli kebugaran menyebutkan, jenis olahraga yang efektif untuk membuang lemak adalah jenis latihan interval. Ini adalah jenis latihan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu pendek lalu disambung dengan latihan kekuatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com