Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Agar Gairah Seks Tak Padam

Kompas.com - 09/02/2011, 20:29 WIB

KOMPAS.com - Kehidupan seks adalah bagian penting dalam hubungan suami istri. Tidak bisa dibiarkan meredup dan hilang begitu saja. Perlu upaya-upaya lebih supaya tak terjadi stagnasi yang bisa berujung pada masalah hubungan pasangan suami istri yang berakar dari hidup suami istri tanpa seks.

Umumnya, kebanyakan orang mengamini pendapat bahwa seks hanya bergelora di tahun-tahun awal pernikahan, lalu lama kelamaan memudar. Hal ini kemudian mengakar dan tertanam di benak setiap pasangan. Padahal, sebenarnya kehidupan seks bisa terus bergairah.

Patricia Love, pengarang The Truth About Love: The Highs, the Lows, and How You Can Make It Last Forever, mengungkap 6 tips untuk membuat kehidupan seks pasangan suami istri terus menyala dan tidak mati.

Royal sentuhan afeksi
Sentuhan penuh cinta membuat pasangan merasa nyaman akan dirinya, dan hal ini akan menghantarkan kedekatan di antara pasangan, plus mengaktifkan endorfin yang membuat keduanya merasa lebih tenang dan terhubung. Pasangan yang menjaga hubungan seksnya tetap aktif dan bahagia tidak membatasi ekspresi afeksi fisik hanya di kamar, sedikit PDA (public display of affection) dalam batas kesopanan masih dimaklumi, kok. Penting diingat, pria juga haus akan sentuhan afeksi seperti perempuan.

Menggoda
Saat ini, sepertinya sudah bukan zamannya membiarkan diri tak terawat dan cuek dengan penampilan. Ibu-ibu rumah tangga sekarang ini mengerti bahwa penampilan semenarik saat sebelum ia menikah itu penting. Tak hanya penampilan fisik, tetapi aturan-aturan dasar wanita yang menarik harus tetap dijaga. Contoh; sikap menarik, sedikit centil, berikan perhatian penuh kasih, beri kejutan kepada si dia sesekali, pertahankan postur dan senyum seksi Anda. Jaga pula kebiasaan kebersihan diri. Ketika Anda merasa seksi hal itu akan terpancar. Saat Anda merasa percaya diri, ia pun akan melihat Anda sebagai mahluk seksi. Win-win solution, kan?

Sensitif terhadap kebutuhan pasangan
Salah satu alasan pasangan berhenti melakukan hubungan seks adalah ketika salah seorang dari mereka merasa tidak terhubung. Jika salah satu dari pasangan memiliki gairah tinggi, orang itu tak butuh banyak perhatian untuk terangsang. Tetapi jika salah satu dari pasangan memiliki libido rendah, mungkin akan butuh perhatian rangsangan. Perhatikan kebutuhan rangsang dan stimuli pasangan Anda, dan upayakan langkah romantis dengan cara yang diingini pasangan, meski itu hanya dalam bentuk membuatkannya secangkir teh di malam hari, merapikan dasinya di pagi hahri, apa pun itu yang membuatnya merasa disayangi.

Bertanggung jawab atas orgasme sendiri

Bukan berarti Anda harus mencapai orgasme sendiri. Tetapi lebih kepada mengambil inisiatif untuk membimbingnya supaya bisa menghantarkan Anda mencapai orgasme. Komunikasikan apa hal-hal yang Anda sukai dari sentuhnya atau yang Anda ingin ia lakukan pada tubuh Anda. Ketahui pula, bahwa wanita di usia 20-an dan awal 30-an bisa merasakan rasa kepuasan hanya lewat penetrasi. Respon ini terjadi akibat pelepasan oksitosin. Saat vulva dan vagina meregang dengan masuknya penis, hal itu akan memberikan dorongan energi yang serupa sensasi orgasme. Konsekuensinya, perempuan tak selalu merasa harus mencapai klimaks. Jadi, tergantung si perempuan itu apakah ia mau mencapai orgasme atau tidak. Ketika Anda tidak bisa mencapai orgasme, perlu diingat pula, tidak semua kesalahan pasangan yang tak bisa membantu Anda mencapai orgasme. Sebagian besar faktor pencapaian orgasme ada di kepala si perempuan itu. Yang terpenting, hindari miskomunikasi.

Sama-sama memuaskan
Banyak posisi seksual yang membantu pria mencapai puncak namun tidak memberikan stimulasi seksual untuk perempuan. Sedikit perempuan yang bisa mencapai orgasme hanya lewat intercourse saja. Kebanyakan wanita butuh stimulasi manual atau oral atau posisi tertentu yang sekaligus merangsang klitoris. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai eksperimen posisi berbeda yang sekiranya memuaskan kedua pihak.

Jangan kaku
Kadang dengan mencoba hal-hal baru akan membuat Anda dan dia keluar dari rutinitas dan membuka tantangan baru. Tak perlu terlalu heboh, cukup cari hal-hal yang kira-kira bisa membuat Anda dan dia merasa nyaman. Bahkan hal-hal sepele, seperti mengganti gaya potongan rambut saja bisa berarti sesuatu, apalagi jika potongan itu membuat Anda terlihat makin seksi. Atau misal, jika biasanya Anda dan dia berhubungan seks dengan lampu dipadamkan, sesekali biarkan lampunya menyala. Cara yang paling mudah; pindah lokasi. Mencari lokasi baru untuk bercinta bisa berarti banyak. Misal, di ruangan-ruangan lain di rumah, di mobil, di ruang tamu, atau di mana pun asal tidak mengganggu orang lain, bisa jadi pilihan. Lalu, mulailah mengeksplorasi cara Anda menstimulasi si dia, misal, mulai kecup ia di lokasi-lokasi yang tak biasa, seperti leher, klavikula, pundak, ujung-ujung jari, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com