Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Termasuk "Tiger Mom"?

Kompas.com - 21/02/2011, 14:54 WIB

KOMPAS.co - Pernah dengar nama Amy Chua? Ia adalah pengarang buku bertajuk The Battle Hymn of  the Tiger Mother. Buku karangannya cukup mencengangkan dunia parenting. Di bukunya, ia menceritakan caranya mendisiplinkan kedua putrinya dengan cara yang sangat ekstrem. Dari melabeli anaknya dengan kata "sampah" karena tidak sopan di depan tamu, membuang kartu ucapan selamat ulangtahun buatan tangan anaknya karena tidak cukup bagus, melarang anaknya menginap di rumah teman, dan tidak terima jika anaknya tidak mendapat nilai "A". Ia menerapkan aturan yang sangat ketat serta mengatur segala hal dalam kehidupan anak-anaknya. Cerita-cerita lain yang ia lakukan terhadap dua putrinya cukup menakutkan dan membuatnya mendapat julukan "tiger mom".

Elizabeth J. Short, PhD, profesor psikologi di Case Western Reserve University, seperti dikutip dari WebMD mengungkap, "Anak-anak sangat ingin membuat orangtuanya bangga padanya, dan mereka selalu mengkhawatirkan persetujuan orangtua. Jadi, ketika peraturan terhadap anak terlalu keras, hasilnya antara anak jadi ketakutan serta sulit memutuskan sesuatu, atau ia sadar ia tak akan pernah bisa memenuhi keinginan sang ibu, hingga mereka tak pernah mau mencoba."

Berikut ini 16 tanda orangtua berlaku terlalu keras terhadap anak:
1. Ada banyak aturan
Coba ingat-ingat, ada berapa banyak aturan yang Anda terapkan pada anak? "Banyak aturan merupakan pertanda bahwa orangtua terlalu ketat terhadap anak. Punya aturan adalah hal yang baik, tetapi jika terlalu banyak aturan dan memaksakan segalanya, bukan hal yang baik. Lebih baik buat beberapa aturan dasar lakukan dan tanamkan secara konsisten," jelas Nancy Darling, PhD, profesor psikologi di Oberlin College.

2. Ancaman berlebihan
Mengatakan bahwa "Nanti Mama bakar semua mainan kamu" atau, "Mau Mama usir dari rumah?" tak akan berhasil karena jika si anak bilang, "Ya!" yang bisa orangtua lakukan hanya mundur dan menurunkan ancaman. Jika orangtua melakukan ancaman-ancaman yang kosong seperti itu, artinya mengajarkan anak bertingkah nakal. Saat orangtua tidak bisa mundur, dan tahu bahwa telah melakukan kesalahan, itu adalah sebuah masalah, karena anak tak akan percaya lagi apa pun yang orangtuanya katakan.

3. Aturan-aturan Anda melebihi batasan orangtua
"Orangtua bisa dan seharusnya menetapkan aturan mengenai bagaimana si anak berlaku di sekolah, menghadapi oranglain, dan seputar menjaga keamanan si anak. Aturan mengenai keamanan dan moral adalah hal yang boleh dilakukan, tetapi peraturan mengenai masalah personal (pilihan alat musik yang ingin dimainkan), bukan hal yang tepat untuk diurusi orangtua," jelas Darling

Tak selalu baku, karena anak dan orangtua tak selalu sepaham mengenai isu apa yang pribadi dan apa yang menyangkut keamanan atau moral. "Kadang, apa yang diungkap orangtua adalah tentang keamanan atau moralitas, sementara menurut anak itu adalah masalah personal. Contohnya, lirik musik yang mengandung kata-kata kekerasan dan sikap buruk bisa membuat orangtua berpikir hal itu bisa jadi pengaruh buruk untuk anak, sementara anak remaja menilai itu adalah masalah selera pribadi."

4. Cinta yang tak berbatas (lewat ucapan)
Jika Anda mengatakan "Mama sayang kamu, tetapi Mama ingin kamu bertingkah laku ....." atau "Mama tahu kamu pasti bisa lebih baik," adalah kata-kata motivasi yang lebih baik ketimbang, "Kamu itu sampah kalau enggak bisa duduk dengan rapi!" karena hasilnya akan menyakiti diri si anak.

5. Kata-kata yang tidak diperhatikan

Bukan hanya cara mengatakannya, tetapi apa yang dikatakan juga penting. Meski sudah menyiapkan nada sehalus apa pun, isi kata-kata juga punya pengaruh besar. Perhatikan apa yang diucapkan, jangan sampai menyakiti atau membuat anak berkecil hati.

6. Tidak punya waktu
Saat meminta anak untuk melakukan suatu hal yang sulit, cobalah bekerja bersama mereka ketimbang memerintah mereka. "Pengasuhan orangtua yang baik adalah dengan memberikan waktu kepada anak," jelas Darling.

7. Anda selalu menjadi "polisi", "monitor", atau "alarm pengingat"
"Setiap hari, tugas Anda seperti alarm pengingat, dan hal itu menjadi satu-satunya komunikasi dengan anak, bisa jadi Anda adalah salah satu 'tiger mom', orangtua yang terlalu ketat dengan peraturan sendiri," ujar Ron Taffel, PhD, psikolog New York dan penulis Childhood Unbound, seperti dikutip dari WebMD.

8. Tak diperhitungkan oleh anak
Jika hubungan dengan si anak terasa makin jauh, ia tak lagi mau berbicara dengan Anda, bahkan untuk masalah-masalah genting, bisa jadi pertanda Anda terlalu tegang kepadanya. "Anda bisa memenangkan pertandingan, tetapi kalah dalam peperangannya. Anda berhasil membuat si anak melakukan peraturan Anda, tetapi mereka jadi takut kepada Anda, mereka tak berani berkomunikasi dengan Anda." terang Taffel.

9. Anak tak mau ajak teman ke rumah

"Anak mau aturan, dan semua anak akan tertarik terhadap aturan di rumah, tetapi jika Anda menghabiskan waktu mengingatkan si anak mengenai peraturan, mengkritik anak di depan anak lain, dan menanyakan terlalu banyak pertanyaan ingin tahu, anak Anda akan mulai berhenti mengajak teman ke rumah. Itu artinya Anda adalah orangtua yang terlalu ketat. Jika ada teman anak yang minta bermain lagi di rumah Anda, dan berani berkomunikasi dengan Anda, berarti rumah Anda sangat menyenangkan," jelas Taffel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com