Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Retro Para Aktris di Ajang Piala Oscar

Kompas.com - 26/02/2011, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Anda tergila-gila dengan penampilan para fashionista di ajang penghargaan film tahunan, Academy Awards? Ternyata, banyak dari gaya yang ditampilkan para selebriti wanita ini bukanlah sesuatu yang baru. Puluhan tahun sebelumnya, aktris-aktris senior mereka sudah lebih dulu memperkenalkan berbagai gaya tersebut. Tak percaya? Lihat saja dalam gambar.

Disco Chic
Saat meraih gelar Aktris Terbaik pada tahun 2004, Charlize Theron mengombinasikan gaya disco-glam-nya dengan kulit yang tanning, untuk menonjolkan gaun Gucci-nya. Gaya seperti ini sebelumnya sudah ditampilkan Raquel Welch pada ajang Piala Oscar tahun 1972. Saat itu ia mengenakan gaun putih dengan belahan leher yang rendah, belahan rok yang menampakkan paha, dan selop metalik.

Princess Perfect
Gwyneth Paltrow selalu disebut-sebut sebagai Grace Kelly era 2000-an. Dalam kenyataannya, aktris yang dinikahi Pangeran Rainier dari Monaco ini memang menjadi inspirasi Gwyneth, saat tampil dalam Piala Oscar 1999 (ia memenangkan Aktris Terbaik lewat film Shakespeare in Love saat itu). Gaun Ralph Lauren warna pink dan tatanan rambut platinum blonde-nya mengingatkan pada penampilan Grace Kelly saat memenangkan penghargaan yang sama tahun 1955.

Neck and neck
Aktris Jerman Luise Rainer mengenakan gaun berlengan panjang dan leher yang tinggi saat menerima penghargaan Aktris Terbaik 1937 lewat film The Good Earth. Gaya serba tertutup ini kembali populer lewat penampilan Hilary Swank saat meraih piala Aktris Terbaik lewat film Million Dollar Baby pada tahun 2005. Tapi jangan salah. Gaun Guy Laroche-nya ini terbuka lebar di bagian punggungnya.

Double Deutsch
Saat menghadiri Academy Award tahun 1951, aktris Jerman Marlene Dietrich memakai gaun kemben yang ngepas di badan dengan aksen pita yang besar, plus bolero yang menutup pundak. Penampilan yang sama diterapkan oleh sesama selebriti Jerman, Heidi Klum, yang tampil glamor dalam gaun merah dari John Galliano pada tahun 2008. Detailnya mirip!

Rock 'N Retro
Meski tak dinominasikan untuk kategori apapun dalam Academy Awards 2010, Nicole Richie tampil memukau dengan gaun Reem Acra dengan lengan lonceng. Duapuluh enam tahun sebelumnya, Cher sudah menampilkan gaya yang sama. Nominator untuk Aktris Pendukung Terbaik tahun 1984 ini muncul dengan gaun yang berkilauan yang mencuri perhatian.

Man's World
Diane Keaton dikenal dengan gaya maskulinnya. Ia kerap mengenakan celana pantalon, kemeja, dasi, dan bahkan jas, untuk tampil di hadapan publik. Tetapi jika setelan putih yang dikenakannya pada tahun 1976 itu dipadukan dengan kemeja bergaris-garis dan dasi polka dot, Angelina Jolie hanya mengenakan blazer putih keluaran Dolce & Gabbana tanpa dalaman. Ia mengubah gaya maskulin itu menjadi lebih chic dan seksi pada tahun 2001.

Hi-Yo Silver
Sarah Jessica Parker meng-update ballgown klasik dari koleksi Dior Haute Couture gaya 50-an saat menghadiri Academy Awards 2009. Gaya ini mengingatkan pada penampilan Jane Wyman, mantan istri Presiden AS Ronald Reagan, ketika menghadiri malam penghargaan Oscar tahun 1953. Bedanya, jika Jane menata rambutnya ke atas, SJP membiarkan rambutnya tergerai.

LBD Ladies
Little black dress memang tak pernah gagal membuat perempuan jadi memesona. Cloris Leachman menunjukkan gaya seksinya dalam gaun hitam ketika meraih gelar Aktris Pendukung Terbaik tahun 1972 lewat film The Last Picture Show. Gaya yang simpel dan klasik ini sekarang menjadi andalan Jennifer Aniston. Lihat penampilannya dalam gaun Rochas, dan rambut yang diriap lepas, saat menghadiri Oscar 2006.

Body Language
Gaya one shoulder ternyata sudah ada sejak tahun 60-an. Elke Sommer, yang dikenal sebagai  bom seks saat itu, pada tahun 1966 tampil dengan gaun one shoulder warna krem dan tatanan rambut yang seksi. Penampilan serupa dihadirkan oleh Halle Berry pada tahun 2005 dengan sejumlah sentuhan baru. Gaun Atelier Versace-nya ini menonjolkan setiap lekuk tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com